Teknik Pengendalian Hama Menggunakan Cendawan Beauveria Bassiana Pada Tanaman Padi Organik Di Pt. Sirtanio Organik Indonesia

Wafa, Moch. Rizky Ali (2022) Teknik Pengendalian Hama Menggunakan Cendawan Beauveria Bassiana Pada Tanaman Padi Organik Di Pt. Sirtanio Organik Indonesia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (98kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A42181549_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PT. Sirtanio Organik Indonesia merupakan perusahaan pertama yang ada di kabupaten Banyuwangi yang menerapkan pertanian secara organik pada tanaman padi dari hulu sampai ke hilir. Perusahaan ini sudah mendapatkan sertifikasi organik dari Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (LeSOS) di bawah naungan Kementrian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia. Dalam upaya menangani kehilangan panen pada tanaman padi akibat adanya serangan hama dan penyakit tentu bahan-bahan yang digunakan dalam menanggulangi harus berasal dari alam dan bersifat ramah lingkungan. Salah satu pengendalian organik yang dapat dimanfaatkan yaitu agensia hayati dari golongan cendawan entomopatogen. Adapun salah satu cendawan entomopatogen yang diproduksi PT. Sirtanio Organik Indonesia yaitu Beavueria bassiana. Pengaplikasian dari agensia hayati Beavueria bassiana memiliki sasaran untuk mengendalikan serangga yang menjadi hama pada tanaman. Penggunaan agensia hayati Beavueria bassiana dapat menjadi pilihan dalam melakukan budidaya pertanian organik, hal ini karena tidak perlu ditambahkan lagi dengan pestisida sintetik yang hanya akan dapat menyebabkan salah satu bahan tidak berfungsi dan dapat menyebabkan dampak buruk terhadap lingkungan. Selain itu, penggunaan agensia hayati dapat menekan biaya produksi karena tidak perlu penambahan dosis pestisida sintetik. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan analisis usahatani di PT. Sirtanio Organik Indonesia, dimana total BEP Harga sebesar Rp. 2.129 Kemudian BEP Produksi sebesar 2.168 Kg; serta R/C Ratio sebesar 2,54 dan B/C Ratio sebesar 1,54.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMukhlisin, IlhamNIDN198701292020121004
Uncontrolled Keywords: Teknik Pengendalian Hama Menggunakan Cendawan Beauveria Bassiana Pada Tanaman Padi Organik
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Moch. Rizky Ali Wafa
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:07
Last Modified: 18 Oct 2022 01:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17439

Actions (login required)

View Item View Item