Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Bunga Gerbera (Gerbera Jamesonii) Di Pt Wahana Kharisma Flora Kota Batu Jawa Timur

Astuti, Annisa Ciptaning (2022) Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Bunga Gerbera (Gerbera Jamesonii) Di Pt Wahana Kharisma Flora Kota Batu Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (166kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (175kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (142kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31192277_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman hias bunga adalah tanaman hias yang memiliki kemampuan menghasilkan bunga dengan aneka bentuk, warna, ukuran dan keharuman yang unik. Tanaman hias digolongkan menjadi dua berdasarkan lokasi penanamannya yaitu tanaman hias dalam pot dan bunga potong. Bunga potong adalah sebutan untuk tanaman hias yang ditanam untuk diambil bunga beserta tangkainya. Pemotongan panjang pendeknya tangkai tergantung pada bunga yang dihasilkannya. Beberapa berbagai jenis tanaman hias yang dikenal sebagai bunga potong adalah krisan, anyelir, mawar, anggrek, gerbera, heliconia, dan sedap malam (Endah Joesi, 2002). Herbras (Gerbera) adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga Asteraceae. Herbras merupakan tanaman semak yang hidup bertahun-tahun (perenial), daunnya berbentuk memanjang, berwarna hijau dengan pinggiran daun bergerigi besar. Gerbera diambil dari nama Traugott Gerber seorang dokter Jerman yang merupakan teman Carolus Linnaeus. Nama spesies Gerbera jamesonii (Barberton daisy) diambil dari nama kolektor tanaman bernama Robert Jameson yang menemukan tanaman ini di provinsi Transvaal, Afrika Selatan. Herbras terdiri dari sekitar 2.000 kultivar dengan bunga yang mempunyai bentuk beraneka ragam dan ukuran diameter antara 5–12 cm. Bunga Herbras memiliki bongkol (capitulum) besar yang merupakan pokok dari 2 lapis rangkaian daun mahkota (disebut ray floret) berbentuk panjang yang berwarna-warni menarik: oranye, kuning, merah jambu, merah, putih, pink salmon, dan ungu. Bagian bongkol juga terdiri dari susunan ratusan bunga kecil-kecil (trans floret dan disc floret) sehingga terlihat menyerupai satu bunga yang utuh. Pada bagian tengah bongkol kadang-kadang berwarna gelap. Pada bunga yang sama juga sering dijumpai perbedaan warna pada daun mahkota. vi Perawatan atau pemeliharaan tanaman adalah sebuah kegiatan sangat penting dalam proses budidaya tanam, perawatan pada bunga gerbera dengan baik dapat mempengaruhi proses produktivitas tanaman yang nantinya juga berpengaruh terhadap hasil panen. Selama tanaman gerbera masih menghasilkan bunga, perawatannya dilakukan sepanjang tahun. Selain perawatan, ada juga juga perlu diperhatikan yaitu kegiatan penanganan panen dan pasca panen untuk menjaga kesegaran bunga sebelum sampai pada tangan konsumen. Kegiatan panen yang dilakukan meliputi pra panen dan panen bunga gerbera. Selanjutnya adalah kegiatan pasca panen yaitu persiapan pasca panen, pencontongan, pengikatan menggunakan karet, membungkus dengan kertas dan pemasaran.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCNAWP, Rizal PerlambangNIDN0016067307
Uncontrolled Keywords: Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Bunga Gerbera (Gerbera Jamesonii)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Annisa Ciptaning Astuti
Date Deposited: 13 Oct 2022 00:56
Last Modified: 13 Oct 2022 00:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17419

Actions (login required)

View Item View Item