Analisis usaha kue kecipir ubi ungu Di desa mulyorejo kecamatan silo Kabupaten jember

Nahari, Novita Wulan (2020) Analisis usaha kue kecipir ubi ungu Di desa mulyorejo kecamatan silo Kabupaten jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
8. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (144kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
24. D31171300_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Analisis Usaha Kue Kecipir Ubi Ungu di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Novita Wulan Nahari, NIM D31171300, Tahun 2020, 40 hlm. Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember. Ida Adha Anrosana Pongoh,S.Pi, MP (Dosen Pembimbing). Indonesia memiliki banyak jenis sumber daya alam hayati yang dapat diolah menjadi olahan pangan yang memiliki nilai jual tinggi, salah satunya adalah jenis umbi umbian yaitu ubi jalar ungu (Ipomea batatas Var. Ayamurasaki). Ubi jalar ungu merupakan salah satu tanaman ubi jalar yang masuk kedalam keluarga umbi-umbian. Ubi jalar ungu atau ubi ungu merupakan ubi jalar yang memiliki warna ungu akibat adanya senyawa antosianin. Ubi ungu di Indonesia termasuk kedalam kelompok komoditas penghasil karbohidrat utama selain jagung dan padi. Tugas akhir dengan judul analisis kue kecipir ubi ungu ini bertujuan untuk dapat melakukan produksi kue kecipir ubi ungu, dan menganalisis usaha kue kecipir ubi ungu ini dengan menggunakan 3 metode analisis tersebut serta dapat memasarkan produk kue kecipir ubi ungu dengan metode pelaksanaan yang dilakukan di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember selama 4 bulan terhitung mulai dari bulan Februari 2020 hingga bulan Mei 2020. Usaha kue kecipir ubi ungu juga bertujuan meningkatkan daya jual kue kecipir dan ubi ungu itu sendiri sehingga nilai ekonominya dapat lebih baik dari nilainya saat ini. Hasil analisis usaha kue kecipir ubi ungu menggunakan 3 metode analisis BEP (Break Even Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return On Investment) mendapatkan hasil BEP produksi sebesar 21 kemasan, nilai ini lebih kecil dibandingkan dengan volume penjualan sebesar 32 kemasan. BEP harga sebesar RP5.585,- per kemasan nilai ini lebih kecil dari harga jual sebesar Rp8.500,- per kemasan, analisis R/C ratio sebesar 1,52 dan ROI sebesar 10,14%. Produk kue kecipir ubi ungu dikemas dengan kemasan campuran alumunium foil dan plastik yang terbuat dari kemasan berbahan food grade dan diberi label persegi dengan gambar ubi ungu ditengahnya. Pemasaran produk kue kecipir ubi ungu ini menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix dengan memasarkan produk sebanyak 32 kemasan dengan harga sebesar Rp8.500,- per kemasan, dalam pemasaran produk ini dilakukan distribusi langsung dengan lokasi pemasarannya berada di daerah Jember dan kegiatan promosi yang dilakukan adalah promosi melalui media online dengan mempromosikan produk melalui platform media sosial seperti Whatsapp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPongoh, Ida Adha AnrosanaNIDN0012127502
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Desi Susanti Andari
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:10
Last Modified: 07 Oct 2022 08:10
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item View Item