Proses, penentuan kualitas, serta perhitungan Hasil produksi gondorukem di pabrik Gondorukem dan terpentin (pgt) garahan Jember

Al Faris, Galang Fu ri (2020) Proses, penentuan kualitas, serta perhitungan Hasil produksi gondorukem di pabrik Gondorukem dan terpentin (pgt) garahan Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
4. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (268kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
9. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (369kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (247kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42160592_Laporan PKL Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Galang Furi Al Faris, Program Studi Mesin Otomotif Politeknik Negeri Jember. Proses, Penentuan Kualitas, Serta Perhitungan Hasil Produksi Gondorukem Di Pabrik Gondorukem Dan Terpentin (PGT) Garahan Jember. Dosen Pembimbing : Andik Irawan, ST, M.Eng. Pabrik Gondorukem dan Terpentin pertama kali didirikan pada tahun 1978 dengan lokasi yang berada ditengah hutan pinus petak 9 RPH, Garahan BKPH Sempolan, KPH Jember ± 25 km dari Jalan raya Garahan atau ± 30 km dari kota Jember. Pembangunan selesai pada tahun 1982 yang berada di petak 5b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Garahan Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sempolan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jember dengan ketinggian lokasi ± 550 diresmikan oleh Direktur Utama Perum Perhutani “Ir. Hartono Wirjodarmodjo, MA” pada tanggal 19 juni 1982 dengan luas bangunan 3,5 Ha dan luas seluruhnya 5 Ha. Adapun kapasitas terpasang maksimal 18.000 ton getah per tahunnya. Secara umum produksi gondorukem melalui beberapa proses tahapan antara lain penerimaan getah yaitu awal masuk getah yang dikirim langsung dari beberapa pemasok getah, kemudian talang getah, lalu tangki melter untuk proses pengenceran, tangki mixer untuk mencampur larutan getah dengan asam oksalat, lalu tangki scrubbing untuk proses pengendapan, setelah itu tangki washer untuk proses pencucian, kemudian sisa kotoran dikirim ke UPL untuk di olah kembali setelah itu dikirim ke tangki setler kemudian dikirim ke tangki mixer lagi. Setelah tangki washer getah dikirim ke stock tank melalui filter gaft 100μ 2BSL, lalu dikirim ke tangki pemasak melalui filter gaft 10μ 1BSL. Setelah larutan gondorukem masak dikirim ke tangki penuang dan proses canning. Setelah itu uji gondorukem dan terakhir proses pengemasan. Gondorukem bermanfaat bagi industri batik. Manfaat gondorukem juga sebagai bahan dasar cat, pernis, industri ban, lem, dan bahan kosmetik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIrawan, S.T., M.Eng, Andik Irawan,NIP198906022014041001
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Desi Susanti Andari
Date Deposited: 05 Oct 2022 05:17
Last Modified: 05 Oct 2022 05:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17379

Actions (login required)

View Item View Item