Fauzi, Muhammad Analisa Penyebab Kerusakan Gearbox Pada Overhead Crane 10 Ton PT INKA (Persero) Madiun Mengunakan Metode Diagram Fishbone. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (35kB) |
|
Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (136kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (6kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap_H42180932.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu kurikulum yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jember pada semester 7 selama 2-4 bulan. Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa dapat melatih softskill maupun hardskill, mendapat wawasan dan pengalaman dalam dunia kerja serta dapat menjalin relasi antara pihak lembaga dengan perusahaan yang bersangkutan. Praktik Kerja Lapang bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan agar dapat diaplikasikan didunia kerja atau industri maupun mencari ilmu yang masih belum didapat diperkuliahan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 01 Oktober 2021 sampai dengan 30 Desember 2021 ditambah 1 bulan bimbingan dan pembuatan laporan 1-30 Januari ditempatkan oleh PT IMS Service di divisi MRO PT INKA (Persero) Madiun, di Jl. Yos Sudarso, Madiun Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63122. PT. Industri Kereta Api (Persero) atau PT. INKA (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang industri sarana kereta api diantaranya kereta penumpang, gerbong barang, KRL, KRD/KRDE, Lokomotif dan produk lainnya yang berkaitan dengan perkeretaapian. PT INKA (Persero) didirikan pada tanggal 18 Mei 1981 (Akte Notaris Imas Fatimah, SH No. 51) dengan luas area 225.000 m2 dan luas bangunan 93.634 m2. PT. INKA (Persero) bertempat di Jl. Yos Sudarso No.71 Madiun Lor, Kecamatan Mangunharjo Kotamadya Madiun. Pemilihan letak lokasi ini berdasarkan hasil studi tahun 1977 yang dilakukan oleh Nippon Sharyo Seizo Kaisha Ltd Jepang. Pada awal berdiri PT INKA (Persero) merupakan pengembangan dari Balai Yasa Lokomotif Uap milik PJKA (sekarang PT Kereta Api ) yang pada saat itu berlokasi di Madiun. Aktivitas bisnis PT INKA (Persero) yang ada kini berkembang mulai dari penghasil produk dasar menjadi penghasil produk dan jasa perkeretaapian dan transportasi yang bernilai tinggi. Dalam Persaingan global, PT INKA (Persero) mengembangkan berbagai jenis produk di bawah kendali sistem manajemen mutu ISO 9001 dan kemitraan global. Melalui perbaikan dan pembaharuan yang dilakukan secara berkesinambungan sebagai upaya beradaptasi terhadap persaingan global, PT INKA (Persero) memasuki dunia bisnis ini dengan mengedepankan nilai-nilai integritas, professional, dan kualitas. Dalam menghadapi tantangan dunia bisnis kedepan, PT INKA (Persero) tidak hanya berfokus pada produk-produk perkeretaapian, namun menghasilkan produk lain yang lebih luas yang mampu memberikan kontribusi terhadap permintaan infrastruktur dan sarana transportasi. Berdasarkan hasil Praktik kerja lapangan (PKL) yang telah kami lakukan menganalisa kerusakan gearbox menggunakan metode diagram fishbone. Fishbone merupakan suatu analisa penyelesaian suatu permasalahan (kerusakan) dengan memperhatikan beberapa aspek pada analisa tersebut faktor-faktor yang paling mempengaruhi adalah manusia, mesin, metode, material, lingkungan dan pengukuran. Analisa ini dilakukan untuk memberikan informasi dan bermanfaat bagi perusahaan maupun kalangan pembacanya yaitu pentingnya perawatan crane khususnya pada gearbox crane. Masalah yang terjadi pada overhead crane 10 ton PT INKA (Persero) kali ini adalah terjadi keausan pada pinion gear dan helical gear yang harus diganti. Berikut beberapa aspek permasalahan yang ditemukana dengan menganalisa menggunakan fishbone yaitu mekanik kurang memperhatikan pengecekan oli yang sangat berpengaruh terhadap usia pakai gearbox. Selain itu juga operator menggoperasikan crane yang tidak memperhatikan SOP seperti menjatuhkan material terlebih dahulu sebelum memastikan sudah pas pada posisi yang seharusnya. Sebaiknya dilakukan pengawasan untuk meminimalisir kerusakan yang tidak di inginkan dan dilakukan pengecekan secara teratur.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL | ||||||
Depositing User: | Muhammad Fauzi | ||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2022 01:12 | ||||||
Last Modified: | 03 Oct 2022 01:14 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17322 |
Actions (login required)
View Item |