Penanganan Pasca Panen Kacang Hijau (Vigna radiata L)Varietas Kutilang di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Muneng

Sahrulloh, Mochamad Sahrulloh (2021) Penanganan Pasca Panen Kacang Hijau (Vigna radiata L)Varietas Kutilang di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Muneng. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (156kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (251kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kacang hijau merupakan tanaman legum yang cukup penting diIndonesia dan posisinya menduduki tempat ketiga setelah kedelai dan kacang tanah. kacang hijau memiliki kelebihan antara lain berumur genjah, lebih toleran terhadap kekeringan, dapat ditanam dilahan kurang subur dan sekaligus bisa sebagai penyubur tanah karena mampu bersimbiosis dengan bakteri rhizobium, budidaya mudah dan hama yang menyerang relatif sedikit. Tanaman kacang hijau masih kurang mendapat perhatian dari petani, padahal hasil tanaman ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan harga yang murah bagus. Dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya, kacang hijau memiliki keunggulan dari segi agronomi dan ekonomi, seperti: lebih tahan kekeringan, lebih sedikit serangan hama dan penyakit, dapat dipanen pada umur 55-60 hari, dapat ditanam pada tanah yang kurang subur, dan cara budidaya yang mudah. Jadi, kacang hijau memiliki sangat potensial untuk dikembangkan. Praktek kerja lapang (PKL) adalah kegiatan mahasiswa untuk belajar bekerja praktis pada perusahaan atau instansi dan unit bisnis strategis lainnya yang diharapkan dapat menjadi sarana penerapan ketrampilan dan keahlian mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dengan cara ikut bekerja sehari-hari pada perusahaan atau instansi yang dijadikan tempat PKL, dimana yang dilaksanakan di IP2TP Muneng Probolinggo, kegiatan yang ada di IP2TP dimulai dari proses pengolahan lahan, penanaman, perawatan, pemanenan, hingga pasca panen.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniasari, Leli KurniasariNIDN0015078604
Uncontrolled Keywords: Kedelai Varietas Kutilang
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > PKL
Depositing User: Mochammad Sahrulloh
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:09
Last Modified: 23 Nov 2022 01:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17278

Actions (login required)

View Item View Item