Analisis usaha minuman sari kacang merah “marica” di kelurahan tegalgede Kecamatan sumbersari Kabupaten jember

Ega Putri, Fadhila Maulida (2020) Analisis usaha minuman sari kacang merah “marica” di kelurahan tegalgede Kecamatan sumbersari Kabupaten jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
07. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (282kB)
[img] Text (Laporan lengkap)
21. D31170793_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk dapat melakukan proses produksi, menganalisis kelayakan usaha menggunakan BEP (Break Even Point), R/C ratio (Revenue/Cost Ratio), dan ROI (Return on Invesment), dan dapat melakukan kegiatan pemasaran usaha Minuman Sari Kacang Merah. Metode pelaksanaan tugas akhir dilakukan di Kelurahan Tegalgede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember selama 4 bulan mulai awal bulan Oktober 2019 sampai dengan akhir bulan Januari 2020. Metode yang digunakan adalah praktek langsung meliputi praktek produksi sampai dengan pemasaran. Hasil dari tugas akhir ini pertama yaitu proses produksi minuman sari kacang merah dilakukan sebanyak 5 kali dengan menghasilkan produk sebanyak 50 botol untuk satu kali proses produksi. Kedua hasil analisis usaha yang didapat yaitu BEP (produksi) sebesar 24 botol, lebih kecil dibandingkan dengan volume penjualan yang didapatkan sebesar 50 botol, BEP (harga) sebesar Rp. 4.835 per botol, lebih kecil dibandingkan harga penjualan sebesar Rp 10.000 per botol, R/C Ratio sebesar 2,06 dan ROI sebesar 12%. Berdasarkan analisis BEP, R/C Ratio dan ROI maka usaha minuman sari kacang merah ini menguntungkan dan layak untuk dilanjutkan. Pemasaran yang dilakukan pada minuman sari kacang merah menggunakan bauran pemasaran. Pemasaran yang dilakukan dengan menentukan produk yaitu minuman sari kacang merah dengan kemasan botol ukuran 350 ml dan harganya Rp 10.000 per botol serta saluran distribusi yang digunakan dengan pemasaran secara langsung. Lokasi pemasarannya berada di Jember dan Tulungagung. Sedangkan kegiatan promosi dilakukan dengan kegiatan periklanan menggunakan media WhatsApp dan Instagram dan juga ada promosi penjualan dengan menggunakan tester waktu di awal kegiatan produksi. Kata kunci: Produksi, Analisis usaha, Pemasaran Minuman Sari Kacang Merah

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMahanani, SP, MM, Retno SariNIP197005072000032001
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Desi Susanti Andari
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:59
Last Modified: 20 Sep 2022 04:59
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17196

Actions (login required)

View Item View Item