Perbandingan tingkat keseragaman ayam broiler yang Di beri premix dan tidak diberi premix (studi kasus di kemitraan pt. Super unggas jaya Wonorejo pasuruan)

Risqa Alibi, Ahmad Zainur (2019) Perbandingan tingkat keseragaman ayam broiler yang Di beri premix dan tidak diberi premix (studi kasus di kemitraan pt. Super unggas jaya Wonorejo pasuruan). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
7. C31160653_RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13.BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (159kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. C31160653_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perbandingan Tingkat Keseragaman Ayam Broiler Yang Di Beri Premix Dan Tidak Diberi Premix (Studi Kasus Di Kemitraan PT. Super Unggas Jaya Wonorejo Pasuruan), Ahmad Zainur Risqa Alibi, NIM C31160653, Tahun 2019, 51 hlm, Peternakan, Politeknik Negeri Jember, Ir. Achmad Marzuki, MP (Dosen Pembimbing) Indonesia merupakan negara yang mememiliki jumlah penduduk terbesar setelah China, India, dan Amerika. Semakin besar jumlah penduduk semakin besar juga akan kebutuhan pangan di Indonesia. Kebutuhan pangan yang harus dicukupi salah satunya adalah protein hewani. Ayam broiler merupakan salah satu ternak unggas darat yang potensial di Indonesia dalam mencukupi kebutuhan konsumsi protein hewani masyarakat. Ayam broiler memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat bila dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Pertumbuhan yang cepat sebaiknya diikuti dengan penggunaan nutrisi pakan yang sesuai dengan kebutuhan standar. Pertumbuhan yang cepat sehingga ayam broiler dapat dipanen dalam kisaran waktu 30-35 hari dengan kisaran bobot panen 1,8- 2 kg per ekor. Penelitian ini menggunakan premix berjenis Masamix Bro sebagai bahan aditif dalam pakan. Premix diberikan untuk menambah berbagai vitamin yang terkandung dalam berbagai bahan penyusun pakan. Premix ditambahkan untuk mengganti atau mengimbangi berbagai vitamin yang tersedia secara tidak lengkap dan kehilangan yang terjadi selama proses pembuatan dan penyimpanan. Tujuan penambahan premix ialah meningkatkan asupan nutrisi agar ternak mencapai kondisi optimal dan memiliki nilai keseragaman (Uniformity). Hasil pengamatan pemeliharaan ayam broiler di Kemitraan PT. Super Unggas Jaya Wonnorejo Pasuruan, dengan perlakuan ayam broiler yang diberi tambahan pakan Premix didapatkan nilai keseragaman rata-rata yaitu 52,5 % dan tidak diberi premix rata-rata yaitu 66% lebih baik dari kolompok ayam yang diberi pakan tambahan premix. Tingkat keseragaman ayam broiler di Kemitraan PT. Super Unggas Jaya Wonorejo Pasuruan rata-rata dibawah 80% (kurang baik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorS.Pt., M.P., IPM, Hariadi SubagjaNIP197012131997031002
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Desi Susanti Andari
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:34
Last Modified: 20 Sep 2022 04:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17194

Actions (login required)

View Item View Item