Studi Kasus Tatalaksana Pemberian Pakan Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) Fase Laktasi Di Desa Boro Kecamatan Jabung Malang

Fahmi, Ricky Novaldy (2022) Studi Kasus Tatalaksana Pemberian Pakan Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) Fase Laktasi Di Desa Boro Kecamatan Jabung Malang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31171716_RICKY NOVALDY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy

Abstract

Studi kasus ini dilaksanakan selama 2 bulan (61 hari), dimulai padaSeptember sampai dengan Desember 2019, bertempat di Desa Boro JabungMalang, peternakan tersebut merupakan mitra dari Koperasi Agro Niagakecamatan Jabung, kabupaten Malang, Jawa Timur. Sapi yang digunakan untuk pengamatan adalah sapi Friesian Holstein (FH) laktasi dengan jumlah 30 ekor.Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metodeObservasi dengan mencatat pemberian pakan data produksi susu selama 60 hari, data pemerahan berupa hasil pemerahan yang dilakukan pagi dan sore.Kegiatan pengamatan dilakukan untuk mengetahui tata laksana pemberianpakan sapi perah dan mengetahui produksi susu sapi perah Friesian Holstein(FH) fase laktasi di Desa Boro Kecamatan Jabung Malang. Parameter pengamatan dalam kegiatan ini antara lain adalah tatalaksana pemberian pakan, konsumsi pakan, dan produksi susu. Data yang diperoleh kemudiandiolah dan ditabulasi untuk selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel dan dijabarkan secara deskriptif.Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Tatalaksana pemberian pakan sapi perah fase laktasi di KAN Jabung Malang terdiri dari pencacahan hijauan dengan mesin Chopper, pemberian pakan hijauan dan konsentrat pagi dan sore, pemberian pakan konsentrat diberikan satu jam sebelum pemberian hijauan. Rata-rata sapi perah di KAN Jabung Malang yang diberikan ransum hijauan rumput odot, tebon jagung dan konsentrat menghasilkan produksi susu 13,38 liter/ekor/hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIDN0003017805
Uncontrolled Keywords: Tata Laksana, Pemberian Pakan, Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Ricky Novaldy Fahmi
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:15
Last Modified: 18 Oct 2022 01:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17126

Actions (login required)

View Item View Item