Korelasi antara Suhu Lingkungan dengan Tingkat Produktivitas Susu Sapi Frisian Holstein (Studi Kasus di CV. Capita Farm-Semarang)

Awanto, Sandi Hendre (2022) Korelasi antara Suhu Lingkungan dengan Tingkat Produktivitas Susu Sapi Frisian Holstein (Studi Kasus di CV. Capita Farm-Semarang). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
SANDI HENDRE_C31171156.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy

Abstract

Korelasi antara Suhu Lingkungan dengan Tingkat Produktivitas Susu Sapi Friesian Holstein (Studi Kasus di CV. Capita Farm-Semarang), Sandi Hendre Awanto, NIM C31171156, Tahun 2022, 23 halaman, Peternakan, Politeknik Negeri Jember, Ir. Nurkholis, S.Pt, MP. IPM. (Dosen Pembimbing).Sapi perah merupakan ternak penghasil susu yang sangat dominan dibandingkan ternak perah lainnya. Sapi perah yang banyak dipelihara adalah sapi jenis Friesh Holstein (FH). Sapi perah FH cenderung mengalami penurunan performa produksi ketika dipelihara pada kondisi yang berbeda dari tempat asalnya. Sapi perah dapat hidup dengan nyaman dan berproduksi secara optimal bila faktor-faktor internal dan eksternal berada dalam batasan-batasan normal yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya.Tujuan dari studi kasus pada peternakan sapi perah CV. Capita Farm adalah untuk mengetahui tingkat produksi susu terhadap suhu lingkungan yang ada di farm selama 1 bulan (1 November-30 November 2019). Hasil pengamatan menunjukkan bahwa rataan suhu di CV. Capita Farm bulan November adalah 21,9°C dan sore 23,3°C, produksi susu rata-rata pada bulan November adalah pemerahan pagi sebesar 11,9 l/ekor/hari dan sore sebesar 7,1 l/ekor/hari, dan korelasi suhu kandang dengan produksi susu bernilai negatif.Kesimpulan hasil studi kasus yaitu rataan suhu di CV Capita Farm bulan November adalah pagi 21,9°C dan sore 23,3°C. Rata-rata produksi susu pada bulan November adalah pemerahan pagi sebesar 11,9 liter/ekor/hari dan sore sebesar 7,1 liter /ekor/hari. Korelasi suhu kandang dengan produksi susu pada pagi hari negatif sedangkan pada sore hari positis dan dengan derajat hubungan kategori lemah. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu dalam bentuk encegahan yang dapat dilakukan apabila terjadi kenaikan suhu yang tinggi di lingkungan kandang, dapat dilakukan dengan penambahan blower pada kandang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIDN0003017805
Uncontrolled Keywords: Korelasi suhu, Sapi Frisian Holstain
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Sandi Hendre Awanto
Date Deposited: 16 Sep 2022 06:41
Last Modified: 16 Sep 2022 06:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17109

Actions (login required)

View Item View Item