Penerapan Good Manufacture Practices (Gmp) Pada Ruang Canning Gudeg Kaleng Bu Tjitro 1925 Di Cv Buana Citra Sentosa Yogyakarta

BUSTAMI, NADA NAURARITA (2021) Penerapan Good Manufacture Practices (Gmp) Pada Ruang Canning Gudeg Kaleng Bu Tjitro 1925 Di Cv Buana Citra Sentosa Yogyakarta. Project Report. Politeknik Negeri Jember. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (404kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (388kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (396kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41180681_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Gudeg adalah salah satu makanan tradisional khas Yogyakarta yang diolah dengan bahan dasar buah Nangka dan juga bahan pelengkap, seperti telur, kacang tolo, krecek, daging ayam, dan areh. Proses pemasakan gudeg terbilang cukup lama karena masih tradisional. Hal itu dilakukan untuk menjaga cita rasa dan kualitas gudeg. Namun, gudeg memiliki umur simpan yang tidak lama maka dari itu dilakukan pengalengan gudeg. Pengalengan gudeg dapat memperpanjang umur simpan gudeg hingga 1 (satu) tahun setelah produksi. Dengan demikian, untuk menjamin bahwa makanan tersebut aman dan kualitasnya baik perlu menerapkan sistem, yaitu Good Manufacture Practices (GMP). Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa yang bertempat di perusahaan/instansi dengan tujuan untuk mengasah dan menerapkan teori dan skill yang didapatkan dari kampus. Kegiatan PKL ini dilaksanakan di CV. Buana Citra Sentosa Yogyakarta pada tanggal 5 April hingga 30 Juni 2021. Dalam kegiatan ini mahasiswa akan ditempatkan di seluruh divisi yang ada, yaitu divisi marketing, divisi Gudang, dan divisi produksi. Penempatan ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan mempelajari seluruh proses yang ada di CV, Buana Citra Sentosa. CV. Buana Citra Sentosa merupakan industry menengah yang bergerak sector pengolahan bahan pangan. Produk yang dihasilkan adalah Gudeg Kaleng Bu Tjitro 1925 dengan 4 (empat) varian rasa, yaitu original, pedas, blondo, dan rendang. Namun, gudeg termasuk makanan yang hanya mampu bertahan sekitar 2 hari. Oleh karena itu, CV. Buana Citra Sentosa menjalin kerjasama dengan nLembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yaitu meneliti mengenai pengemasan gudeg menggunakan kaleng sehingga menciptakan inovasi terbaru dalam pengemasan gudeg dengan kaleng yang mampu memperpanjang umur simpan selama 1 (satu) tahun. Namun, dalam proses produksi harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku untuk mengurangi maupun menghambat terjadinya kerusakan, menjamin higenis, dan kualitas produk, seperti penerapan Good Manufacture Practices (GMP). Penerapan GMP di Ruang Canning CV. Buana Citra Sentosa sudah sesuai dengan pedoman pemerintah dan dilakukan dengan baik karena sesuai dengan prosedur yang berlaku sehingga kualitas dan mutu pangan terjamin dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen. Namun, masih terdapat beberapa aspek yang perlu perbaikan, seperti melakukan perbaikan mesin yang digunakan dalam proses pengalengan secara berkala terutama mesin seamer dan timbangan, melakukan pengecatan ulang pada dinding ruangan canning, dan lain-lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAyuning, AriesiaNIDN0010048206
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2022 09:05
Last Modified: 15 Sep 2022 09:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17048

Actions (login required)

View Item View Item