Manajemen Uniformity Parent Stock broiler Fase Grower Di PT. Cipta Terang Unggul Farm 3 Kediri dan Manajemen Perkandangan ayam ras petelur fase layer di PT. Komotech Bioganik Jember

Etweori, Agustinus Jefpri Patria (2022) Manajemen Uniformity Parent Stock broiler Fase Grower Di PT. Cipta Terang Unggul Farm 3 Kediri dan Manajemen Perkandangan ayam ras petelur fase layer di PT. Komotech Bioganik Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (208kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C41180151_ Laporan lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah melatih mahasiswa mengerjakan pekerjaan lapangan dan melakukan serangkaian keterampilan dibidang pemeliharaan ayam petelur, menganalisa masalah yang ada di lapangan serta dapat memberikan pengalaman baru dan meningkatkan pengetahuan bagi mahasiswa yang belum pernah didapat selama diperkuliahan dalam kegiatan yang dilakukan di pemeliharaan ayam parent stock fase grower dan ayam petelur fase layer dalam bentuk laporan kegiatan. Praktik kerja lapang dilakukan selama 4 bulan di PT. Cipta Terang Unggul farm 3 Kediri dan PT Komotech Bioganik Sukowono Kabupaten Jember. dimulai pada tanggal 11 Agustus 2021 sampai 25 Desember 2021. Untuk mengetahui informasi data di perusahaan ayam penulis menggunakan beberapa metode yang digunakan yaitu melakukan wawancara dengan manajer farm dan para pekerja, melakukan observasi dan terjun secara langsung untuk mengikuti segala kegiatan-kegiatan yang ada di farm, dan juga mendokumentasikan kegiatan yang berlangsung difarm untuk dijadikan salah satu bukti terlaksananya kegiatan-kegiatan yang sudah dikuti. PT. Cipta Terang Unggul memiliki 5 bangunan kandang, masing masing kandang terdiri dari 2 lantai. PT Cipta Terang Unggul farm 3 memiliki total populasi kurang lebih 82000 ekor ayam parent stock fase grower dan layer. Dalam tatalaksana fase grower pemeliharaan ayam parent stock meliputi grading, penimbangan, seleksi dan culling, peletakan sangkar dan mixing. Namun pada fase grower memiliki tujuan utama yaitu manajemen uniformity karena untuk mencapai puncak produksi ayam harus memiliki uniformity lebih dari 80% . tujuan pada fase ini adalah untuk menyeragamkan ayam keetika bertelur agar dapat bertelur bersama sama. v v PT. Komotech Bioganik mempunyai 6 kandang sistem Open House namun dengan full sistem alat otomatis memiliki 3 flok kandang baterai didalamnya, tatalaksana pemeliharaan ayam petelur fase layer yaitu meliputi manajemen perkandangan, manajemen pemberian pakan, biosecurity dan penanganan limbah, manajemen pemeliharaan fase layer, dan manajemen perkandangan ayam ras petelur fase layer. Berdasarkan hasil kegiatan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mengenai manajemen perkandangan di PT. Komotech Bioganik dapat dijabarkan sebagai berikut: Model kandang PT Komotech Bioganik Menggunakan model open house. Bentuk atap kandang menggunakan tipe monitor Pada kandang PT. Komotech Bioganik memiliki luas yang berbeda Pada kandang 1-3 memiliki panjang 100 m, lebar 12m serta tinggi 8 m dengan kapasitas ayam sejumlah 12000. Tipe bateray pada PT. Komotech Bioganik menggunakan tipe A dengan 3 line tiap kandang. Program pencahayaan dilakukan untuk merangsang organ reproduksi dari ayam untuk bertelur. Program pencahayaan dilakukan pada ayam fase layer selama 16 jam dengan intensitas cahaya 10-20 lux.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSiswantoro, DharwinNIDN0005047302
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > PKL
Depositing User: Agustinus Jefpri Patria Etweori
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:44
Last Modified: 15 Sep 2022 06:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item