Evaluasi Sistem Perkandangan Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (Pfh) Terhadap Tingkat Produktivitas (Studi Kasus Di Upt Pt Dan Hmt Kediri)

Maulana, Fuji (2022) Evaluasi Sistem Perkandangan Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (Pfh) Terhadap Tingkat Produktivitas (Studi Kasus Di Upt Pt Dan Hmt Kediri). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (319kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (320kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (434kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31192251_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi Sistem Perkandangan Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) Terhadap Tingkat Produktivitas (Studi Kasus di UPT PT dan HMT Kediri), Fuji Maulana, NIM C31192251,Tahun 2022, 31 halaman. Peternakan, Politeknil Negeri Jember, Ir. Nurkholis, S,Pt,MP,IPM (Dosen Pembimbing) Peternakan sapi perah merupakan salah satu usaha di bidang peternakan yang memiliki peran strategis dalam memenuhi kebutuan pangan yang terus meningkat, peningkatan pendapatan penduduk, dan peningkatan perekonomian nasional. Pengembangan sapi perah telah mendorong terciptanya peternakan berkelanjutan, penyediaan protein hewani bagi masyarakat, serta menjadi peluang lapangan kerja bagi masyarakat. pengembangan usaha peternakan khususnya pada bidang ternak perah perlu dilakukan karena pasokan susu dari peternakan lokal saat ini hanya mampu menutupi 25 – 30 % dari kebutuhan susu nasional. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem perkandangan di UPT PT dan HMT Kediri terhadap produktivitas sapi perah Peranakan Friesian Holstein (PFH). Pengamatan ini dilakukan selama 1 bulan yaitu dari tanggal 1 Oktober sampai 1 November 2021 di UPT PT dan HMT Kediri di desa Branggahan, Kec. Ngadiluwih, Kab. Kediri, Provinsi Jawa Timur. Bahan pengamatan yang digunakan berupa 16 ekor sapi perah Peranakan Friesian Holstein (PFH). Parameter pengamatan yang meliputi kotruksi kandang meliputi luas kandang, atap kandang, lantai kandang, temperatur kandang, komsumsi pakan dan produksi susu. Hasil pembahasan menggunakan analisis statistik sederhana. Hasil evaluasi sistem perkandangan terhadap tingkat produktivitas ditinjau dari konsumsi pakan dan produksi susu di UPT PT dan HMT Kediri diperoleh bahwa sistem perkandangan yang diterapkan belum dapat menunjang secara maksimal terhadap produktivitas sapi perah dan saran yang diberikan sebaiknya di sudut kandang diberikan kipas untuk menurunkan suhu di dalam kandang dan posisi ternak tidak dihadapkan langsung pada sinar matahari untuk mengurangi risiko ternak mengalami stres panas (Heat Stress).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIDN0003017805
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Sistem Perkandangan Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (Pfh) Terhadap Tingkat Produktivitas (Studi Kasus
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Fuji Maulana
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:38
Last Modified: 14 Sep 2022 02:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16891

Actions (login required)

View Item View Item