Penanganan Telur Hatching Egg Pada Breeding Farm Broiler Di PT Cipta Terang Unggul Kediri Farm 3 Kandangan Kabupaten Kediri dan Tata Laksana Produksi Telur Pada Fase Laying Di PT Komotech Bioganik Egg Farm (Manajemen Produksi)

Zahron, Ahmad Musthofa (2022) Penanganan Telur Hatching Egg Pada Breeding Farm Broiler Di PT Cipta Terang Unggul Kediri Farm 3 Kandangan Kabupaten Kediri dan Tata Laksana Produksi Telur Pada Fase Laying Di PT Komotech Bioganik Egg Farm (Manajemen Produksi). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
05.RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
10.BAB1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL BENDEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemeliharaan dalam peternakan di komoditas pembibitan ayam broiler komersil dengan memelihara ayam parent stock broiler yang dilakukan dengan benar dari fase starter grower pre layer dan layer. Masa layer yang menentukan apakah suatu industri breading farm untung dan rugi, karena tingkat persentase daya tetas telur HE di tentukan dari fase laying. Kesehatan ayam jantan yang terkontrol dan penanganan telur tetas yang tepat sampai masuk ke hectry merupakan hal yang harus di lakukan dengan baik. Praktik Kerja Lapang (PKL) ini adalah melatih mahasiswa mengerjakan pekerjaan lapangan dan melakukan serangkaian keterampilan di bidang breeding ayam ras pedaging dan pemeliharaan ayam ras petelur komersil, dan melatih mahasiswa berfikir kritis dan menggunakan daya nalarnya dengan memberi komentar logis terhadap kegiatan di breeding farm dan pemeliharaan ayam ras petelur dalam bentuk laporan kegiatan. Praktik Kerja Lapang dilakukan selama 4 bulan, di PT Cipta Terang Unggul Kediri Farm 3 Kandangan dan di PT Komotech Bioganik Egg Farm. Hasil Praktik Kerja Lapang dilaksanakan di Cipta Terang Unggul Kediri Farm 3 Kandangan di mulai pada tanggal 11 agustus 2021 sampai dengan 10 oktober 2021. Kandang bersistem closed house bertingkat merupakan metode pemeliharaan yang diterapkan dengan jumlah seluruh kandang sebanyak 5 unit. Kegiatan penanganan telur hatching egg meliputi pengambilan telur, grading , fumigasi telur, antar telur dan penyimpanan telur. Biosecurity (sanitasi orang, sanitasi telur, sanitasi barang, sanitasi kendaraan, sanitasi areal perkandangan), penanganan kesehatan (pemberian vaksin, antibiotik dan vitamin),pemberian pakan dan minum serta penanganan v produksi telur. Lokasi Praktik Kerja Lapang juga dilaksanakan di PT Komotech Bioganik Egg Farm. Dimulai pada tanggal 25 Oktober 2021 sampai dengan 25 Desember 2021. Kandang bersistem open house merupakan metode pemeliharan yang diterapkan dengan jumlah kandang sebanyak 6 unit. Kegiatan pemeliharaan ayam layer komersil meliputi pemanenan telur, penyimpanan telur, pelayanan pembeli, distribusi pakan, biosecurity (sanitasi kendaraan, sanitasi areal perkandangan, sanitasi batray). Produksi PT Komotech Bioganik Egg Farm dibagi menjadi 2 kegiatan produksi di kandang dan pelayanan pembeli di gudang. Di kandang dilakukan oleh anak kandang yang diawali kegiatan dari pemerataan pakan setelah hoper distribusi berjalan, pengambilan telur rusak pada pagi hari , pengisian pakan kedalam silo, pembersihan jalan dengan menyapu jalan per line, memanen telur dan mengisi hoper distribusi. Dan di gudang melakukan kegiatan pemeindahan telur dari egg tray ke peti, penimbangan telur , paking telur di dalam box 10 kg dan ada juga 15 kg sesuai permintaan pembeli.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSiswantoro, DharwinNIDN0005047302
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > PKL
Depositing User: Zahron Ahmad Musthofa
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:47
Last Modified: 15 Sep 2022 06:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16868

Actions (login required)

View Item View Item