Evaluasi Pemberian Susu Pengganti Terhadap Pertumbuhan Bobot Badan Harian (PBBH) Cempe Domba Sapudi di Harjo Lestari Farm Jember, Jawa Timur

Rachmawijaya, Haryo Bagus (2022) Evaluasi Pemberian Susu Pengganti Terhadap Pertumbuhan Bobot Badan Harian (PBBH) Cempe Domba Sapudi di Harjo Lestari Farm Jember, Jawa Timur. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (76kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31180389_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya genetik ternak lokal salah satunya adalah domba Sapudi, asal usul domba Sapudi berasal dari kawasan Asia Barat yang dibawa pedagang Gujarat pada abad ke-18 ke daerah Lamongan, Pulau Madura dan sampai di pulau Sapudi, dan selanjutnya dikembangkan secara turun temurun oleh masyarakat (Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2389/Kpts/Lb.430/8/2012 Tentang Penetapan Rumpun Domba Sapudi). Domba sapudi mempunyai kelemahan yang kurang diminati peternak, beberapa kendala yang dialami peternak di Indonesia, terutama dalam usaha domba adalah indukan yang tidak biasa menyusui anaknya. Hal tersebut membuat peternak tidak bisa mencapai hasil yang maksimal karena tingginya mortalitas cempe akibat kekurangan nutrisi dari induknya. Penggunaan susu sapi sebagai pengganti susu induk marak dilakukan oleh peternak dengan alasan induk yang tidak mau menyusui. Studi ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 sampai bulan September 2020 yang dilaksanakan di Harjo Lestari Farm, Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Bahan yang digunakan dalam studi ini adalah cempe domba sapudi umur 0 – 1 bulan (10 ekor), dan susu sapi sebagai pengganti susu indukan. Parameter yang diambil adalah kadar pemberian susu pengganti, pertambahan bobot badan harian (PBBH), perbandingan performa antara pemberian susu induk dengan susu pengganti. Berdasarkan hasil kajian tentang evaluasi performa cempe dengan pemberian susu pengganti di Harjo Lestari Farm, didapatkan kesimpulan, pemberian susu pengganti terbaik dihasilkan oleh cempe umur 3 minggu yakni dengan pemberian sebesar 200 cc/setiap pemberian selama 4 kali sehari dikarenakan mampu menghasilkan PBB yang lebih baik daripada fase umur yang lain, rerata PBBH cempe dengan pemberian susu pengganti di Harjo Lestari Farm didapatkan hasil sebesar 0,030 kg/ekor/hari, PBBH yang dihasilkan dari susu pengganti di Harjo Lestari Farm tidak lebih baik apabila dibandingkan dengan PBBH yang cempe yang langsung menyusui pada induknya. Pemberian serta formulasi susu pengganti yang akan diberikan terhadap cempe harus menyesuaikan kebutuhan cempe itu sendiri. Hal ini dimaksudkan agar cempe mampu mencapai performa yang maksimal walaupun tidak dengan susu dari induk secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHasanah, NiswatinNIDN0007099301
Uncontrolled Keywords: susu pengganti, pertumbuhan bobot berat harian, cempe domba sapudi
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Haryo Bagus Rachmawaijaya
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:02
Last Modified: 13 Sep 2022 08:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16797

Actions (login required)

View Item View Item