Respon Pertumbuhan dan Produksi Selada Merah (Lactuca sativa var. crispa) terhadap Pemberian Jenis Biochar dan Pupuk Organik

Aji, Ridho Anggarto (2022) Respon Pertumbuhan dan Produksi Selada Merah (Lactuca sativa var. crispa) terhadap Pemberian Jenis Biochar dan Pupuk Organik. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (17kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (126kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A31192331_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Selada merah (Lactuca sativa var. lollorosa) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang memiliki prospek ekonomi yang tinggi. Selada keriting hijau dapat di budidayakan di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Selada banyak dipergunakan untuk olahan makanan. Semakin beanyaknya permintaan sayuran selada menjadikan budidaya selada semakin berkembang. Dampak negative dari budidaya selada yang tinggi yaitu penggunaan pupuk kimia yang dapat mempegaruhi kesuburan tanah. Untuk menanggulamgi pengurangan kesuburan tanah maka diperlukannya budidaya selada menggunakan biochar dan pupuk organik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian biochar, pupuk organik dan interaksi biochar dan pupuk organik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman selada. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-mei 2022 di Screen House Politeknik Negeri Jember (±89 mdpl). Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor yaitu jenis biochar dan jenis pupuk organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian biochar berpengaruh pada parameter jumlah klorofil dengan hasil terbaik adalah B2 (biochar tempurung kelapa 10 ton/ha). Pemberian pupuk organik berpengaruh sangat nyata pada parameter jumlah daun 1 mst dan berpengaruh nyata pada parameter tinggi tanaman 2 dan 3 mst, luas daun dan berat akar basah dengan hasil terbaik didapatkan dari P2 (pupukk kompos 10 ton/ha). Tidak terdapat interaksi antara jenis biochar dengan jenis pupuk organik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFirgiyanto, RefaNIDN0726039002
Uncontrolled Keywords: Selada Merah (Lactuca sativa var. crispa), Pupuk Organik, Jenis Biochar
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Ridho Anggarto Aji
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:56
Last Modified: 13 Sep 2022 07:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16790

Actions (login required)

View Item View Item