Uji Kinerja Mesin Roasting Digital Biji Kopi Tipe A3 Prime Series Kapasitas 3 Kg Di Pt. Nor Coffee Indonesia Kabupaten Jember

Baharsyah, Syahroni (2022) Uji Kinerja Mesin Roasting Digital Biji Kopi Tipe A3 Prime Series Kapasitas 3 Kg Di Pt. Nor Coffee Indonesia Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan Syahroni Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (217kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Syahroni Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Syahroni Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (94kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B31192082_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Uji Kinerja Mesin Roasting Digital Biji Kopi Tipe A3 Prime Series Kapasitas 3 Kg Di PT. Nor Coffee Indonesia, Syahroni Baharsyah, NIM B31192082, Tahun 2022, 52 Halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Elok Kurnia Novita Sari, S. TP.,MP. (Dosen Pembimbing). Kopi merupakan tanaman perkebunan yang sudah lama di budidayakan, selain sebagai sumber penghasilan rakyat, kopi menjadi komoditas andalan ekspor dan sumber pendapatan devisa Negara. Meskipun demikian, komoditas kopi sering kali mengalami fluktasi harga sebagai akibat ke tidak seimbangan antara permintaan dan persediaan komoditas kopi di pasar dunia. Kopi sebelum dapat dikonsumsi mempunyai beberapa tahapan pengolahan yakni, proses pemetikan pada masa panen, penyortiran, penjemuran, pengupasan kulit kopi, pencucian, heuling, roasting grinding. Penyangraian (roasting) biji kopi merupakan proses yang penting dalam industri perkopian yang sangat menentukan mutu minuman kopi. Mesin roasting tipe A3 prime series ini merupakan mesin roasting yang di buat oleh PT Nor coffee Indonesia dengan menggunakan metode digital. Mesin roasting ini juga bisa di jalankan dengan menggunakan android yang sudah terinstal aplikasi yang dibuat oleh PT Nor coffee Indonesia. Metode pengambilan data yaitu dilakukan sebanyak 3 kali pengulangan. Pada pengulangan sebanyak 3 kali dengan menggunakan Suhu 170℃ - 187℃. Dengan menggunakan mesin roasting tipe A3 prime series Dengan massa bahan yang sama yakni sebanyak 1000 gram. Tujuan dari tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui rendemen penyangraian, mengukur kadar air biji kopi, mengetahui kapasitas aktual, laju penyangraian, efesiensi mesin sangrai tipe A3 prime series serta mengetahui kebutuhan bahan bakar gas LPG saat proses roasting. Kegiatan pengumpulan data dilakukan pada bulan April sampai Mei 2022 dan pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di rumah Pak Kusnandar yang beralamat di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember. viii Hasil kegiatan tugas akhir ini adalah : a. Rendemen penyangraian rata-rata 79,46, b. Kadar air biji kopi sebelum disangrai 12,6% c. Kadar air biji kopi setelah di sangrai terdapat nilai rata-rata 3,18% sudah memenuhi SNI 7465:2008, d. Laju penyangraian rata-rata 0,80%/menit e .Pemakaian konsumsi bahan bakar gas LPG pada saat proses roasting sebesar 14.438,17 kJ/kg. f. Efisiensi penyangraian 1,62%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNovita Sari, Elok KurniaNIDN0008118604
Uncontrolled Keywords: Uji Kinerja Mesin Roasting Digital Biji Kopi Tipe A3 Prime Series Kapasitas 3 Kg
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Syahroni Baharsyah
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:45
Last Modified: 14 Sep 2022 02:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16770

Actions (login required)

View Item View Item