Proses Produksi Pupuk Organik Asam Amino Berbahan Baku Ikan Lemuru di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Bintang Tani Sejahtera Tamanan – Bondowoso

Putri, Arinda Wima (2022) Proses Produksi Pupuk Organik Asam Amino Berbahan Baku Ikan Lemuru di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Bintang Tani Sejahtera Tamanan – Bondowoso. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (204kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (338kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (315kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki tanah yang subur dan sangat berpotensi untuk menjadi negara maju dengan memanfaatkan pertaniannya. Namun, kondisi yang ada disekitar kita saat ini menunjukkan hal yang sebaliknya karena komponen-komponen pendukung yang dibutuhkan dalam pertanian tidak berjalan seimbang sehingga menciptakan kondisi pertanian yang memprihatinkan. Penyebab dari kondisi pertanian yang memperihatinkan ini adalah penggunaan pupuk kimia dalam kurun waktu yang relatif lama dan tidak terkontrol untuk meningkatkan hasil pertanian. Pemberian pupuk tersebut dapat mengurangi kesuburan tanah karena mikroorganisme yang ada didalam tanah yang berperan dalam penyuburan tanah akan tidur atau mengalami dormansi, serta dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Kerusakan lahan pertanian akibat pemakaian pupuk kimia oleh petani dapat diperbaiki dengan menggunakan konsep pertanian organik yang ramah lingkungan. Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Bintang Tani Sejahtera Tamanan, Bondowoso merupakan usaha yang bergerak dibidang produksi pupuk serta melakukan penyuluhan pertanian. Produk yang diproduksi di P4S Bintang Tani Sejahtera diantaranya yaitu mikroorganisme lokal, pupuk organik padat, pupuk organik cair, asap cair, asam amino, dan pestisida nabati. Salah satu produk yang diproduksi oleh P4S Bintang Tani Sejahtera yaitu pupuk organik asam amino. Pupuk organik asam amino ini berbahan baku ikan lemuru yang memiliki kadungan protein yang cukup tinggi. Pupuk organik dengan memanfaatkan ikan lemuru ini dapat digunakan untuk mengurangi pemakaian pupuk kimia yang berlebih dalam pertanian dan untuk mengatasi pencemaran yang disebabkan oleh limbah pestisida. Proses Produksi Pupuk Organik Asam Amino di P4S Bintang Tani Sejahtera belum optimal dikarenakan masih terdapat beberapa permasalahan seperti tidak adanya SOP proses produksi pupuk organik asam amino, P4S Bintang Tani Sejahtera tidak memiliki supplier ikan lemuru tetap, tidak terdapat gambar alur proses produksi pupuk organik asam amino, tidak adanya pembukuan finansial dan pekerja tidak menggunakan alat pelindung diri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiari, TantiNIDN0013097005
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Arinda Wima Putri
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:40
Last Modified: 13 Sep 2022 01:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16743

Actions (login required)

View Item View Item