Pengaruh Berbagai Konsentrasi Giberelin Dan Lama Perendaman Terhadap Perkecambahan Benih Kopi Arabika(Coffea Arabica L.)

Fatwa, Muhammad Faisal (2022) Pengaruh Berbagai Konsentrasi Giberelin Dan Lama Perendaman Terhadap Perkecambahan Benih Kopi Arabika(Coffea Arabica L.). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (309kB)
[img] Text (Daftar Pusataka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (408kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Benih kopi Arabika yang telah mengalami kemunduran masih mungkin digunakan sebagai bahan tanam. Untuk meningkatkan laju perkecambahan, maka perlu dilakukan upaya invigorasi dengan cara melakukan perendaman beberapa level konsentrasi dan lama perendaman menggunakan larutan Giberelin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ZPT Giberelin terhadap perekecambahan kopi arabika, pengaruh lama perendaman dengan ZPT Giberelin terhadap perkecambahan benih kopi arabika dan pengaruh interaksi antara konsentrasi dan lama perendaman dengan ZPT Giberelin terhadap perkecambahan benih kopi arabika. Penelitian ini dilaksanakan di LaboratoriumiAgronomi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, pada bulan Desember 2021 sampai Januari 2022. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RALF) yang terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah Konsentrasi (K) terdiri dari 4 jenis yaitu K0 = 0 ppm : K1 = 10 ppm : K2 = 20 ppm : K3 = 30 ppm, dan faktor kedua adalah Lama Perendaman (L) dengan 3 taraf yaitu : L1 = direndam selama 6 jam : L2 = direndam selama 12 jam : L3 = direndam selama 18 jam. Parameter yang diamati adalah persentase perkecambahan, persentase benih berjamur, panjang radikula, diameter radikula, persentase kepel, tinggi hipokotil, diameter hipokotil, dan tinggi kecambah. Hasil peneltian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi tidak menunjukkan pengaruh nyata terhadap parameter persentase perkecambahan, kecepatan berkecambah, persentase benih berjamur, panjang radikula, dan diameter radikula. Perlakuan lama perendaman bepengaruh nyata terhadap parameter persentase benih berjamur dan panjang radikula. Tidak ada interaksi antara konsentrasi dan lama perendaman terhadap parameter persentase perkecambahan, Kecepatan berkecambah persentase benih berjamur, panjang radikula, dan diameter radikula. Kata Kunci : Perkecambahan, Giberelin, Konsentrasi, Lama Perendaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardati, IrmaNIDN0019126905
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Faisal Fatwa
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:59
Last Modified: 09 Sep 2022 07:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16602

Actions (login required)

View Item View Item