Pengolahan Tanaman Karet (Hevea brasiliensis) Menjadi RSS di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Glantangan Tempurejo-Jember

Margareta, Sonia Bagiatus Soleha (2022) Pengolahan Tanaman Karet (Hevea brasiliensis) Menjadi RSS di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Glantangan Tempurejo-Jember. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (477kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (555kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (395kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text PKL 2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang merupakan Program yang persiapkan dengan tujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dan ketrampilan khusus di dunia kerja sesuai dengan bidang keahlianya. Selama mengikuti kegiatan PKL mahasiswa di harapakan mampu menerapkan ilmu-ilmu yang di peroleh selama mengikuti perkuliahan untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan lokasi PKL. Salah satu tempat PKL yang di pilih oleh Polije adalah PT. Perkebuan Nusanatara XII Kebun Glantangan Jember, yang merupakan salah satu perkebunan karet yang memproduksi getah karet (lateks) menjadi RSS (Ribbed Smoke Sheet). Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Glantangan mulai dilaksanakan pada tanggal 6 September sampai 16 Desember 2021. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah pengenalan lokasi PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Glantangan tentang semua komoditi yang ada di perusahaan tersebut yang di fasilitatori oleh Bapak Robestus Doni Triyanto selaku ASAKU (Asisten Administrasi Keuangan) di kantor induk PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Glantangan. Pada perusahaan tersebut terdapat 5 afdeling yang terdiri afdeling Kalimayang, Wonojati, Bajing Onjur, Sumber Waringin dan afdeling Kalibajing. Kegiatan selanjutnya yang dilakukan adalah pengenalan di lahan yang di tempatkan pada afdeling Kalimayang yang di fasilitatori dengan Bapak Andrias Kristanto, SP selaku mandor besar di afdeling Kalimayang. Pada afdeling Kalimayang memiliki luas 449,95 Ha yang terdiri dari tanaman pohon karet, dan tebu. Dalam proses budidaya sampai produksi karet di perlukan tindakan dalam kecepatan, ketelitian, kebersihan dan kelancaran kerja, karena sering kali kesalahan yang terdapat pada hasil akhir disebabkan oleh kurang bersih,kurang teliti dan lancarnya orang bekerja. Pada sistem kerja budidaya tanaman karet dimulai dari pembibitan benih, persiapan lahan, okulasi (penyambungan), pemeliharan TBM sampai TM, dan terakhir panen dengan cara penyadapan. Hasil dari penyadapan akan diubah menjadi bahan setengah jadi seperti RSS (Ribbed Smoke Sheet) dengan melalui proses pengolahan. Sistem kerja pengolahan karet di mulai dari penerimaan latek di pabrik, penyaringan, pengenceran dan pembekuan latek, penggilingan , pengasapan/pengeringan, sortasi, pengemasan dan pengiriman. Pengenceran dan pembekuan merupakan bagian terpenting dari sistem pengolahan karena terkait dengan mutu yang akan di hasilkan oleh PT. Perkebunan Nusantara Kebun Glantangan Jember.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNuraisyah, AnniNIDN19902802201903201
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Sonia Bagiatus Soleha Margareta
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:26
Last Modified: 09 Sep 2022 03:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16569

Actions (login required)

View Item View Item