Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kopi Robusta (Coffea canephora Linn.) Di Afd. Gentong Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember Kebun Gunung

Julia, Mahfudhah Ulfa (2022) Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kopi Robusta (Coffea canephora Linn.) Di Afd. Gentong Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember Kebun Gunung. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (264kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (344kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (269kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text PKL 2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilaksanakan di PDP Kahyangan Kebun Gunung Pasang merupakan salah satu perusahaan daerah perkebunan yang berada di Panti Kabupaten Jember. Kegiatan PKL dilaksanakan mulai tanggal 19 Oktober sampai dengan 16 Januari 2021. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) mahasiswa dilatih untuk mengerjakan pekerjaan lapangan dan sekaligus memantapkan keterampilan mengenai teknis budidaya tanaman kopi dengan baik. Harapannya ilmu yang diperoleh selama kegiatan PKL menjadi bekal untuk kedepannya. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di lahan tanaman kopi PDP Kahyangan Kebun Gunung Pasang. Kegiatan yang dilakukan selama PKL yaitu mencakup semua kegiatan tentang budidaya tanaman kopi termasuk pengendalian hama dan penyakit pada tanaman kopi robusta. Permasalahan utama pada perkebunan kopi yaitu rendahnya produktivitas dan mutu yang kurang memenuhi standar ekspor. Rendahnya produktivitas kopi antara lain disebabkan oleh Serangan Organisme Penganggu (OPT). OPT pada tanaman kopi antara lain yaitu hama dan penyakit. Hama yang menyerang tanaman kopi robusta di PDP Kebun Gunung pasang yaitu Hama Penggerek Buah Kopi, Nematoda dan Hama Penggerek Cabang Kopi sedangkan penyakit yang menyerang tanaman kopi robusta di Kebun Gunung Pasang yaitu Karat Daun dan Kanker Batang. Pengendalian hama dan penyakit di PDP Kebun Gunung Pasang menggunakan metode pengendalian secara teknis dan mekanis. Pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan tujuan untuk menekan perkembangan populasi hama agar tidak merugikan secara ekonomis dan meningkatkan ketahanan tanaman. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasannya mengenai gejala serangan pada tanaman kopi robusta yang disebabkan oleh HPT dan pengendalian hama dan penyakit tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSalim, AbdurrahmanNIDN0003129202
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: MAHFUDHAH ULFA JULIA
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:24
Last Modified: 09 Sep 2022 03:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item