Aplikasi Herbisida Pra Tanam Dan Pra Tumbuh Terhadap Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi (Oryza Sativa) Di Pt.Basf

Zahro, Iklimatus (2022) Aplikasi Herbisida Pra Tanam Dan Pra Tumbuh Terhadap Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi (Oryza Sativa) Di Pt.Basf. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (272kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A42180291_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jurusan Produksi Pertanian. Politeknik Negeri Jember. Dosen Pembimbing Jumiatun, SP, M.Si Praktik Kerja Lapang (PKL) yang dilakukan di perusahaan, industri, instansi maupun bisnis lainnya yang dilaksanakan dengan pertimbangan serta dapat memberikan ilmu baru bagi mahasiswa. PKL ini dilaksanakan pada bulan 06 September 2021 – 06 Januari 2022 di PT. BASF ( Badische Analin-Un Soda Fabrik) yang bertempat di desa Jubung Kabupaten Jember dengan menggunakan metode praktik dilapangan, wawancara dan studi pustaka. Produksi padi di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan hal tersebut tidak lepas dari jumlahnya tingkat penduduk yang sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut pastinya tidak lepas dari permasalahan pestisida. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi yaitu pertumbuhan gulma yang terus meningkat. Upaya yang dilakukan petani untuk mengendalikan gulma yang lebih praktis yaitu dengan teknik pengendalian pestisida yang tepat salah satunya pengaplikasian herbisida pada fase pra tanam dan pra tumbuh. Berdasarkan kegiatan PKL di PT.BASF bahwa pengendalian gulma daun lebar, daun sempit, rerumputan dan teki-tekian pada fase pra tanam dan pra tumbuh dapat menggunakan herbisida berbahan aktif Amonium Glufosinat 150 g/l dan Pendhimetalin 330 g/l. Analisis usaha tani yang telah diperoleh memiliki hasil perbandingan keuntungan dengan total biaya produksi yang digunakan yakni angka B/C ratio sebesar 0,19 dan R/C ratio sebedar 1,18 artinya usaha tersebut layak untuk dijalankan. Suatu usaha dikatakan layak dijalankan apabila jika B/C ratio memiliki angka lebih dari 0 dan R/C ratio lebih dari 1

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorJumiatun, JumiatunNIDN0010089002
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Herbisida Pra Tanam Dan Pra Tumbuh Terhadap Pengendalian Gulma Pada Tanaman Padi (Oryza Sativa)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Iklimatus Zahro
Date Deposited: 08 Sep 2022 08:52
Last Modified: 08 Sep 2022 08:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16517

Actions (login required)

View Item View Item