Aplikasi Pupuk Organik Cair Urine Sapi Pada Budidaya Kedelai Edamame (Glycine max (L.) Merrill) di P4S Bintang Tani Sejahtera Bondowoso

Sari, Femi Winda (2022) Aplikasi Pupuk Organik Cair Urine Sapi Pada Budidaya Kedelai Edamame (Glycine max (L.) Merrill) di P4S Bintang Tani Sejahtera Bondowoso. Project Report. UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (286kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (300kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (293kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kedelai edamame (Glycine max (L.) Merrill) adalah komoditas tanaman pangan yang terpenting setelah padi dan jagung. Kedelai mempunyai kandungan protein nabati yang sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat dalam upaya peningkatan gizi dan kesehatan. Kebutuhan kedelai dari tahun ke tahun semakin meningkat, begitu juga dengan peminatan kedelai edamame. Hasil produksi kedelai edamame di Indonesia masih tergolong rendah, untuk mengatasi kekurangan pasokan kedelai edamame diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan hasil produksi kedelai edamame. Salah satu faktor penyebab rendahnya produksi kedelai edamame adalah kurangnya pengetahuan petani dalam penggunaan teknologi produksi yang mendukung pertanian berkelanjutan dan semakin berkurangnya sumber daya lahan subur akibat terlalu banyak penggunaan pupuk anorganik. Upaya yang perlu dilakukan yaitu dengan memanfaatkan pupuk organik dari limbah peternakan. Di P4S Bintang Tani Sejahtera sendiri telah memproduksi berbagai pupuk organik baik cair maupun padat. Salah satu produk yang diminati oleh petani sekitar yaitu pupuk organik cair urine sapi, dimana pupuk organik cair urine sapi ini mempunyai manfaat untuk membantu tanaman agar bertumbuh dan berproduksi dengan baik. Kegiatan Praktek Kerja Lapang ( PKL ) dilaksanakan di P4S Bintang Tani Sejahtera Tamanan – Bondowoso pada tanggal 06 September hingga 06 Desember 2021 dengan waktu kerja mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB di hari senin hingga minggu dengan waktu kerja rata – rata 8 jam. Selama pelaksanaan PKL metode pembelajaran yakni dengan melakukan praktek langsung di lapangan, wawancara dengan petani serta dengan penyuluh pertanian setempat, melakukan demonstrasi, observasi, serta studi pustaka untuk memperkuat penyusunan laporan praktek kerja lapang. Kegiatan yang dilakukan di P4S Bintang Tani Sejahtera yaitu memproduksi produk-produk organik pertanian yang ramah lingkungan, untuk kegiatan budidayanya mulai dari pengolahan lahan hingga pasca panen, hubungan kemitraan dan manajemen budidaya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardana, RudiNIDN0019028907
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Femi Winda Sari
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:53
Last Modified: 08 Sep 2022 07:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16500

Actions (login required)

View Item View Item