Hardianti, Riskiana Febi (2022) Analisis Usaha Stik Labu Kuning Keju Di Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (191kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (309kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (405kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31192385_LAPORAN LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Labu kuning merupakan buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia, pada umumnya masyarakat mengkonsumsi buah labu kuning secara langsung. Stik labu kuning keju cocok dijadikan produk makanan ringan karena memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh. Masyarakat Situbondo umumnya menikmati labu kuning dengan cara mengolah menjadi makanan ringan seperti keripik dan gorengan, maka perlu dilakukan diversifikasi pengolahan labu kuning menjadi produk stik labu kuning keju. Tujuan melakukan tugas akhir yaitu untuk melakukan proses produksi, melakukan analisis usaha stik labu kuning keju serta menerapkan bauran pemasaran stik labu kuning keju. Tugas akhir ini dilaksanakan selama 4 bulan terhitung dari 22 April 2022 sampai dengan 26 Juli 2022 di Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Metode analisi yang digunakan adalah BEP, R/C Ratio dan ROI. Alur proses produksi stik labu kuning keju dilakukan beberapa tahapan yaitu persiapan alat dan bahan, pemotongan, pengupasan dan pencucian bahan, pengukusan, pembuatan adonan, proses penggilingan 1, proses penggilingan 2, penggorengan, serta pengemasan dan pelabelan. Proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali dan setiap 1 kali proses produksi menghasilkan 32 kemasan dengan berat 100 gram per kemasannya. Dalam satu kali proses produksi diperoleh nilai BEP (Produksi) sebanyak 16,17 kemasan dengan total produksi sebanyak 32 kemasan, BEP (Harga) sebesar Rp. 3.538,- per kemasan dengan harga jual Rp. 7.000,- per kemasan. R/C Ratio sebesar 1,97, dan ROI sebesar 11,40% sehingga berdasarkan analisis usaha tersebut usaha stik labu kuning keju layak untuk diusahakan. Saluran pemasaran pada stik labu kuning keju menggunakan dua saluran pemasaran yaitu pemasaran langsung dan tidak langsung serta promosi melalui media sosial. Kata Kunci: Analisis Usaha, Keju, Labu Kuning, Stik
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Keju, Labu Kuning, Stik | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Riskiana Febi | ||||||
Date Deposited: | 07 Sep 2022 06:57 | ||||||
Last Modified: | 07 Sep 2022 06:58 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16449 |
Actions (login required)
View Item |