Pengaruh Pemberian Pupuk Sesuai Sop Dan Pupuk Npk Terhadap Pertumbuhan Bibit Kopi Robusta (Coffea canephora var. robusta) Asal Sambung Stek

Nirmala, Lolita Pramestya (2022) Pengaruh Pemberian Pupuk Sesuai Sop Dan Pupuk Npk Terhadap Pertumbuhan Bibit Kopi Robusta (Coffea canephora var. robusta) Asal Sambung Stek. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (227kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (617kB)
[img] Text (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (679kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
TA Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pemupukan dalam budidaya tanaman khususnya saat masa pembibitan sangatlah dibutuhkan oleh tanaman untuk menunjang pertumbuhan tanaman agar dapat tumbuh optimal. Rekomendasi pemupukan pada tanaman kopi yang ada saat ini hanya bersifat umum, tetapi pada nyatanya hara yang dibutuhkan oleh tanaman sangat bergantung pada kondisi lingkungan, umur tanaman, dan lainnya. Kegiatan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk NPK untuk pertumbuhan bibit tanaman kopi robusta (Coffea canephora) asal sambung stek. Kegiatan tugas akhir ini dilaksanakan di areal pembibitan di PTPN XII Kebun Malangsari, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi mulai dari bulan Oktober 2021 hingga bulan Januari 2022. Kegiatan ini menggunakan metode analisa uji T (T-test) independen yang digunakan untuk mengetahui perbedaan antara pemberian pupuk sesuai SOP (P1) dan pupuk NPK (P2) pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, dan jumlah daun bibit tanaman kopi. Berdasarkan hasil analisis uji T didapat hasil yang berbeda sangat nyata pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, dan jumlah daun bibit kopi hingga umur 12 minggu setelah tanam (MST). Nilai rata rata parameter pertambahan tinggi tanaman pada umur 12 MST perlakuan P1 adalah 4,725 cm dan P2 adalah 9,725 cm sedangkan pada pertambahan diameter batang perlakuan P1 bernilai 0,0695 cm dan P2 0,1018 cm. Pada parameter jumlah daun, rata - rata pertambahan daun pada perlakuan P1 sebanyak 3 helai dan P2 sebanyak 5 helai. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian pupuk NPK lebih baik untuk pertumbuhan bibit kopi robusta sehingga H1diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFisdiana, UskenNIDN0015026204
Uncontrolled Keywords: Pupuk Npk, Bibit Kopi Robusta, Asal Sambung Stek
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Lolita Pramestya Nirmala
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:52
Last Modified: 07 Sep 2022 06:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16445

Actions (login required)

View Item View Item