Efektifitas Keseluruhan (Overall Equipment Effectiveness) Pada Proses Blanching Edamame Untuk Mukimame di PT. Mitratani Dua Tujuh

Ramadani, Moh (2022) Efektifitas Keseluruhan (Overall Equipment Effectiveness) Pada Proses Blanching Edamame Untuk Mukimame di PT. Mitratani Dua Tujuh. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (193kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (290kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
TA Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Mitratani Dua Tujuh Jember adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak pada bidang agroindustri sayuran beku. Komoditas utama pada perusahaannya adalah kedelai Jepang (Edamame). Edamame merupakan kedelai asal Jepang yang sangat dikenal di Indonesia. Dalam proses produksinya, edamame dapat diolah dalam dua bentuk yaitu bentuk edamame (sayur) dan edamame kupas (mukimame). Penjualan dari produk edamame ini bisa sampai ke luar negeri seperti Jepang dan Amerika. Dalam pengolahan edamame menjadi mukimame terdapat perbedaan dari segi proses produksinya. Proses tersebut adalah proses pengupasan, namun sebelum dikupas edamame akan melewati proses blanching dan cooling terlebih dahulu. Proses blanching merupakan proses perebusan dimana edamame akan direbus dengan tujuan membuat edamame menjadi lebih lunak sehingga proses pengupasan akan lebih mudah. OEE (Overall equipment effectiveness ) adalah suatu metode perhitungan yang dilakukan untuk menentukan dan mendapatkan nilai efektivitas sebuah mesin atau sebuah peralatan. OEE dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui nilai efektivitas dari suatu peralatan atau mesin. Terdapat 3 elemen dalam OEE yaitu, availability, performance, dan quality. Proses pengambilan data OEE pada mesin blanching yaitu dengan melakukan pengamatan dan observasi pada pabrik PT. Mitratani Dua Tujuh Jember. Dari hasil pengamatan serta perhitungan yang telah dilakukan didapatkan bahwa dalam serangkain proses blanching edamame sebelum kupas mendapatkan nilai rata-rata availability 86%, rata-rata nilai performance50,9% , rata-rata nilai quality 100%. Dari ketiga hasil tersebut maka didapatkan nilai OEE sebesar 43,6%. Dari perolehan nilai OEE tersebut diperlukan beberapa upaya untuk meningkatkan nilai efektifitas pada proses produksi, seperti dengan cara meningkatkan jumlah bahan yang diproses dan mengurangi nilai downtime.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSaleh, Anang SupriadiNIDN004126703
Uncontrolled Keywords: Blanching, Edamame, Mukimame
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Moh Ramadani
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:46
Last Modified: 07 Sep 2022 06:47
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16440

Actions (login required)

View Item View Item