Proses Pengasapan RSS (Ribbed Smoke Sheet) Menggunakan Metode Pengasapan Sistem Lori Di Pabrik Pengolahan Rss Ptpn Xii Kebun Tretes, Sine, Ngawi

Hariyansyah, Ichlash Izzul Haq (2022) Proses Pengasapan RSS (Ribbed Smoke Sheet) Menggunakan Metode Pengasapan Sistem Lori Di Pabrik Pengolahan Rss Ptpn Xii Kebun Tretes, Sine, Ngawi. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (183kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (422kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (332kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Praktik Kerja Lapang bertujuan untuk, Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman kerja bagi mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan/industri, Melatih agar lebih kritis terhadap perbedaan di lapangan dengan yang diperoleh di bangku kuliah, Mengembangkan keterampilan yang tidak diperoleh di kampus. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan praktik kerja lapang (PKL) adalah observasi lapang, penerapan kinerja dengan mengikuti aktivitas yang ada di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Tretes, studi pustaka dan penyusunan laporan. Kegiatan yang dilakukan selama PKL meliputi Penyadapan, Penerimaan Lateks, Pembekuan/pengolahan lateks, Penggilingan Sheet, Pengasapan, dan Sortasi. Pengasapan adalah untuk mengeringkan sheet, memberi warna khas cokelat dan menghambat pertumbuhan jamur pada permukaan asap yang dihasilkan dapat menghambat pertumbuhan jamur pada permukaan lembaran karet. Hal ini disebabkan asap mengandung zat antiseptik yang dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Pengasapan merupakan metode yang digunakan dalam proses pengolahan RSS (Ribbed Smoked Sheet). Salah satu metode pengasapan di pabrik pengolahan RSS PTPN XII Kebun Tretes yaitu Pada proses pengasapan sistem lori pengaturan suhunya berbeda dengan dengan sistem bilik, yaitu pada sistem lori suhu diatur tetap pada ruang-ruangnya dengan mendorong lori pada tingkat suhu yang dikehendaki sesuai dengan hari waktu pengasapan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWijaya, RizzaNIP198906212018031001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Ichlash Izzul Haq Hariyansyah
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:17
Last Modified: 08 Sep 2022 03:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16435

Actions (login required)

View Item View Item