Perbedaan jarak transportasi pada doc broiler terhadap hasil ip (index performance) (studi kasus di pt. Peternakan ayam nusantara farm dusun pencil kabupaten sukoharjo)

Subchan Hidayat, Farryd (2019) Perbedaan jarak transportasi pada doc broiler terhadap hasil ip (index performance) (studi kasus di pt. Peternakan ayam nusantara farm dusun pencil kabupaten sukoharjo). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text (Ringkasan)
6. HALAMAN RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (290kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (301kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (304kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31160942 FARRYD SUBCHAN HIDAYAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pebedaan Jarak Transportasi Pada DOC Broiler Terhadap Hasil IP (Indeks Performance) (Studi Kasus Di PT. Peternakan Ayam Nusantara Farm Dusun Pencil Kabupaten Sukoharjo), Farryd Subchan Hidayat, NIM C31160942, Tahun 2019, 49 hlm, Jurusan Peternakan, Politeknik Negeri Jember, drh. Aan Awaludin, M. Sc (Dosen Pembimbing). Ayam broiler merupakan salah satu jenis unggas yang banyak dipelihara secara komersil, karena masa pemeliharaanya yang singkat dan dagingnya banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyaknya permintaan akan daging ayam broiler di Indonesia, membuat para pengusaha peternakan broiler mulai mengembangkan peternakannya. Berkembangnya peternakan broiler di Indonesia, juga harus diimbangi dengan jumlah sapronak peternakan seperti DOC (Day Old Chick) yang cukup. Banyaknya pesanan DOC agar farm tersebut tetap berproduksi, terkadang peternak harus menyuplai DOC dari hatchery yang jaraknya jauh dari farm. Pengiriman DOC di Indonesia masih menggunakan kendaraan konvensional, seperti truk box yang sudah dimodifikasi untuk memberikan kenyamanan terhadap DOC. Jarak yang jauh dalam pengiriman DOC dapat menyebabkan kondisi fisik DOC menurun. Menurunnya kondisi fisik DOC pada saat kedatangan dapat memberikan pengaruh yang signifikan selama masa pemeliharaan dan di akhir periode. Kondisi DOC pada kandang A yang berasal dari Subang kondisi fisiknya menurun, kelelahan, dehidrasi, stress, dan mortalitas yang tinggi di awal pemeliharaan. Sedangkan kondisi DOC pada kandang B yang berasal dari Salatiga kondisi fisiknya sehat, dan pergerakannya lincah. Hasil penelitian ini menunjukkan performa broiler di PT. PAN pada kandang A rata–rata BB (Bobot Badan) panen adalah 1,77 kg/ekor, deplesi mencapai 5,09 %, FCR mencapai 1,599, dan IP mencapai 333. Sedangkan pada kandang B rata–rata BB panen adalah 1,82 kg/ekor, deplesi mencapai 3,58 %, FCR mencapai 1,567, dan IP mencapai 346. Hasil ini menunjukkan bahwa jarak perjalanan pengiriman DOC yang jauh dari farm dapat memberikan dampak terhadap produksi, sehingga performa yang dicapai tidak sesuai dengan standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWulandari, SuciNIP196708211993032004
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:02
Last Modified: 15 Mar 2023 03:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16349

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item