Pemanfaatan limbah kotoran sapi sebagai pupuk organik padat dalam budidaya tanaman kedelai edamame (Glycine max) di P4s Bintang tani sejahtera Bondowoso

Putra, Rizqi Ardina (2022) Pemanfaatan limbah kotoran sapi sebagai pupuk organik padat dalam budidaya tanaman kedelai edamame (Glycine max) di P4s Bintang tani sejahtera Bondowoso. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (315kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
BAB 1 - 5n.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan di Pusat Pelatihan Pertanian Dan Pedesaan Swadaya (P4S) Bintang Tani Sejahtera, Desa Karang melok, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso, P4S Bintang Tani Sejahtera merupakan tempat yang bergerak dalam bidang pegembangan berbagai proyek mulai dari budidaya pertanian organik dan pembuatan pupuk organik. Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan pada tanggal 06 September 2021 sampai dengan 07 Desember 2021. Praktek Kerja Lapang (PKL) dilakukan sebagai bentuk kegiatan pendidikan dengan memberikan pengalaman serta menjadi sarana pengembangan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan prktek kerja lapang (PKL) di P4S Bintang Tani Sejahtera dilakukan dengan menggunakan metode praktik di lapangan, wawancara, demonstrasi, observasi dan studi pustaka. Beberapa kegiatan yang dilakukan seperti pengenalan lokasi perusahaan. pembuatan beberapa produk organik, dan budidaya pada tanaman jagung dan juga pada tanaman edamame. Budidaya tanaman edamame yang dilakukan menggunakan system pertanian semi organik yaitu kombinasi antara penggunaan bahan organik dan anorganik. Bahan organik seperti pupuk dan pestisida yang digunakan merupakan produk hasil dari pembuatan di P4S Bintang Tani Sejahtera. Pengaplikasian pupuk organik padat bokashi digunakan sebagai pupuk alternative yang di aplikasikan pada saat awal tanam. Budidaya semi organik ini dinilai dapat memberikan keuntungan yang lebih baik, dapat dilihat dari segi kelestarian lingkungan serta kesuburan tanahnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardana, RudiNIDN0019028907
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Rizqi Ardina Putra
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:25
Last Modified: 05 Sep 2022 07:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item