Analisis Usaha Kue Kering Kastengel Jahe Di Desa Tanggulangin Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso

Rohman, Deni Nor (2022) Analisis Usaha Kue Kering Kastengel Jahe Di Desa Tanggulangin Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (114kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Akhir TA_ Deni Nor Rohman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy

Abstract

Kue kering kastengel jahe merupakan hasil dari diversifikasi pengolahan jahe, yang awalnya jahe hanya sebagai campuran bumbu pada masakan dan jamu. Kue kering kastengel jahe merupakan produk yang berbahan dasar tepung terigu, gula, telur, mentega, susu bubuk, vanili dan jahe, dengan menyerupai bentuk persegi panjang ukuran 4 cm. Kue kering kastengel jahe merupakan makanan ringan yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, dari anak kecil, orang dewasa maupun lanjut usia. Tujuan pembuatan tugas akhir ini yaitu dapat melakukan proses produksi, melakukan analisis usaha dan menerapkan bauran pemasaran kue kering kastengel jahe. Usaha kue kering kastengel jahe dilakukan sebanyak lima kali proses produksi atau selama 4 bulan yang dimulai dari tanggal 1 Maret hingga 30 Juni 2022 di Desa Tanggulangin Kabupaten Bondowoso. . Metode yang digunakan dalam menganalisis usaha kue kering kastengel jahe ini yaitu analisis BEP yang terbagi menjadi dua metode BEP (BEP Produksi dan BEP Harga), R/C Ratio dan ROI. Hasil dari perhitungan ketiga metode analisis tersebut diperoleh BEP (produksi) 7,61 kemasan dengan volume penjualan sebesar 10 kemasan dan nilai BEP (harga) Rp 15.224,01 - dengan harga jual Rp 20.000,- , nilai R/C Ratio 1,31 dan nilai ROI 7,95 %. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, usaha kue kering kastengel jahe ini layak untuk diusahakan. Pemasaran yang digunakan untuk produk kue kering kastengel jahe menerapkan prinsip 4 P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Promotion (Promosi) dan Place (Saluran Pemasaran), dalam setiap kemasan kue kering kastengel jahe dijual seharga Rp 20.000,- dengan berat 200 gram. Pemasaran produk kue kering kastengel jahe menggunakan pemasaran secara langsung yaitu menawarkan produk langsung kepada konsumen dan melakukan promosi secara personal selling serta melakukan promosi melalui media sosial seperti whatsapp dan facebook.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidyatami, Linda EkadewiNIDN0008038404
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Kue Kering Kastengel Jahe
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Deni Nor Rohman
Date Deposited: 02 Sep 2022 08:30
Last Modified: 02 Sep 2022 08:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16157

Actions (login required)

View Item View Item