Perawatan Dan Pemeriksaan Berkala Kinerja Automatic Brake Pada Lokomotif Cc 201

Maulana, Dony Indra (2022) Perawatan Dan Pemeriksaan Berkala Kinerja Automatic Brake Pada Lokomotif Cc 201. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42170193_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan mahasiswa untuk belajar memperaktikan secara langsung pada perusahaan/ instansi/ industri dan unit bisnis lainnya, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman dan menjadi bekal secara dunia kerja nyata sehingga mengembangkan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Praktek Kerja Lapang ini merupakan kegiatan Akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Politeknik Negeri Jember, khususnya Program Studi Mesin Otomotif Jurusan Teknik. Kegiatan Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember selama 1 bulan, mulai 1 Desember sampai dengan 31 Desember 2020. Dengan pengalaman yang didapat adalah mengetahui dan mempelajari bagaimana perawatan sistem pengereman pneumatik, khususnya perawatan dan pemeriksaan kinerja Automatic Brake pada lokomotif CC 201. Perawatan dan pemeriksaan kinerja Automatic Brake pada lokomotif CC 201 merupakan suatu aktivitas yang diperlukan untuk menjaga atau mempertahankan kualitas sistem pengereman agar tetap dapat berfungsi dengan baik seperti kondisi sebelumnya. Tindakan perawatan dan pemeriksaan pada kinerja automatic brake ini dilakukan secara rutin. Automatic brake berfungsi untuk menunjang pelayanan pengereman pada lokomotif pada saat beroperasi. Sistem pneumatik yang digunakan pada lokomotif adalah kompresor. Kompresor merupakan alat yang berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan dan mensuplainya ke seluruh bagian sistem angin (pnuematik) atau disimpan kedalam tangki induk. Sistem Pengereman Pneumatik merupakan bagian komponen yang terdapat pada sistem angin (pnuematik). Sistem pengereman angin (pneumatik) berfungsi untuk mengatur bagian sistem pengereman, salah satunya ialah vi Automatic Brake yang berfungsi untuk melakukan pengereman secara otomatis pada lokomotif CC201. Komponen ini memiliki 5 posisi pengereman dengan situasi yang berbeda pada tuasnya dan 3 posisi katup yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan aliran udara ke Automatic Brake yang terdapat pada bagian Cut-Off Pilot Valve

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuranto, Dwi DjokoNIDN0023066107
Uncontrolled Keywords: Perawatan Dan Pemeriksaan Berkala Kinerja Automatic Brake Pada Lokomotif Cc 201
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Dony Indra Maulana
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:43
Last Modified: 02 Sep 2022 02:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16127

Actions (login required)

View Item View Item