Strategi Pengembangan Minat Dan Partisipasi Petani Padi Terhadap Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) Di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi

Setyo Darmaji, Chandra (2022) Strategi Pengembangan Minat Dan Partisipasi Petani Padi Terhadap Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) Di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Masters thesis, Politeknik Negeri jember.

[img] Text (Abstract)
ABstrak Candra.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
PENDAHULUAN_CANDRA SETYO D.-1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (484kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Candra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_CANDRA SETYO D.-1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)

Abstract

Sektor pertanian memegang peranan penting dalam pembangunan nasional di Indonesia, khususnya pada aspek ekonomi dan sosial melalui usaha tani yang dilakukan oleh petani daerah, salah satunya Kabupaten Banyuwangi. Ketidakpastian didalam usaha tani sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi petani dan kondisi ini mulai menjadi perhatian pemerintah sehingga muncullah program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) untuk melindungi petani dari risiko yang akan dihadapi. Namun, minat dan partisipasi petani terhadap program AUTP di Kabupaten Banyuwangi masih cukup rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pengembangan minat dan partisipasi petani pada program AUTP di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik petani peserta AUTP dan analisis Interpretative Structural Modeling (ISM) untuk menstrukturkan permasalahan kedalam strategi yang lebih jelas dan rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) faktor kunci pada elemen kebutuhan dari program adalah kontinuitas Penyuluhan AUTP secara sistemik, 2) faktor kunci pada elemen kendala utama adalah tingkat Pemahaman Petani pada AUTP, 3) faktor kunci pada elemen perubahan yang dimungkinkan adalah tingkat Kesadaran Petani pada Asuransi, dan 4) faktor kunci pada elemen lembaga yang terlibat adalah Dinas Pertanian dan Pangan, Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani, dan Asuransi Jasindo.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuksin, MuksinNIDN0010107304
Uncontrolled Keywords: AUTP, Minat, Partisipasi, ISM, Banyuwangi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 181 - Sosial Ekonomi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 186 - Penyuluh Pertanian
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: CHANDRA SETYO DARMAJI
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:54
Last Modified: 05 Sep 2022 01:55
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16120

Actions (login required)

View Item View Item