Analisa Perawatan Pada Alat Berat Bulldozer D9r Setiap 250 Jam Menggunakan Metode Failure Mode And Effects Analysis (Fmea) Di Pt Pomi

Efendi, Ahmad Rizal (2022) Analisa Perawatan Pada Alat Berat Bulldozer D9r Setiap 250 Jam Menggunakan Metode Failure Mode And Effects Analysis (Fmea) Di Pt Pomi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42181534_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan bertempat di lingkungan kerja, Kegiatan ini dilakukan di PT Paiton Operation and Maintenance Indonesia (POMI). kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung bagaimana lingkup di dunia kerja. PT POMI (Paiton Operation and Maintenance Indonesia) merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengoperasian dan pemeliharaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) unit 7, 8 dan 3 dibawah kendali PT Paiton Energy sebagai pemilik unit, pada unit 7 dan 8 memiliki kapasitas total 1230 MW net atau 615 MW net per harinya, yang dengan hal itu diharapkan mampu menyuplai listrik wilayah Jawa Bali. PT Paiton Operation and Maintenance Indonesia terletak di jalan Raya Surabaya-Situbondo KM.141 Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Perawatan pada alat berat Bulldozer D9R harus dilakukan secara rutin supaya bisa menambah umur pemakaian alat berat atau mengurangi masa kerusakan dari alat berat tersebut. Perawatan pencegahan (preventive maintenance) merupakan perawatan yang dilakukan sebelum komponen alat mengalami kerusakan. Perawatan yang digunakan pada bulldozer yaitu perawatan berkala yang disebut juga periodic service. Berbeda dari perawatan harian yang selang waktunya 10 jam atau satu hari. Pada perawatan berkala ini selang waktu (periode) yang dimaksud lebih dari 10 jam, umumnya mulai dari 250 jam service. Setiap melakukan perawatan harus ada petunjuk dari mekanik maupun buku manual (manual book). Metode FMEA merupakan salah satu metode mengevaluasi dan menganalisis komponen pada sistem sehingga dapat meminimalkan risiko atau efek dari suatu tingkat kegagalan sebagai metode pendukung penilaian performansi pada suatu sistem.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorUdin, Ahmad Robiul AwalNIDN0019018103
Uncontrolled Keywords: Bulldozer D9R, Failure Mode and Effects Analysis, Perawatan, PT. Pomi
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Ahmad Rizal Efendi
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:30
Last Modified: 31 Aug 2022 02:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16043

Actions (login required)

View Item View Item