Proses Kegiatan Penyulaman Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Di Pt Perkebunan Nusantara Xi Pabrik Gula Djatiroto Lumajang - Jawa Timur

Tropika, Andi Natalia Mila (2022) Proses Kegiatan Penyulaman Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Di Pt Perkebunan Nusantara Xi Pabrik Gula Djatiroto Lumajang - Jawa Timur. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringakasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus dunia industri sesuai bidang keahliannya. Kegiatan praktek kerja lapang (PKL) dilaksanakan pada tanggal 6 September 2021 hingga 31 Januari 2022. Tujuan dilaksanakan praktek kerja lapang (PKL) yaitu diharapkan mampu menambah wawasan mahasiswa tentang budidaya tanaman tebu dengan baik dan benar di PG Jatiroto PTPN XI serta lebih kritis terhadap perbedaan atau kesenjangan yang dijumpai dilapang dengan yang diperoleh dibangku kuliah. Tujuan pelaksanaan praktek kerja lapang ini agar para mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam pengolahan budidaya tanaman tebu, baik dari persiapan bahan tanam, pengolahan tanah, penanaman, maupun pengendalian hama dan penyakit tanaman tebu. Dalam meningkatkan produksi maupun rendemen tebu yang harus diperhatikan yaitu kegiatan Penyulaman. Penyulaman adalah kegiatan menanam kembali bibit pada bagian barisan yang kosong karena terjadi kematian rumpun atau bibit yang telah ditanam tetapi mati. Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit tebu yang tidak tumbuh, baik pada tanaman baru maupun tanaman keprasan, sehingga nantinya diperoleh populasi tanaman tebu yang optimal. Setelah sulaman berumur 10 hari maka dilakukan pemupukan colok atau pemberian pupuk pada bagian tanaman yang disulam. Penyulaman bertujuan untuk mengganti bibit yang tidak tumbuh dengan bibit tanaman tebu yang baru sehingga bisa mencapai produktivitas yang diinginkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLNU, SupriyadiNIDN0020055907
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Andi Natalia Mila Tropika
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:42
Last Modified: 31 Aug 2022 01:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16033

Actions (login required)

View Item View Item