Analisis Usaha “JOMIAL” Jajanan Onde-Onde Milenial di Desa Sumolawang Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto

Andriani, Vivi Reza (2022) Analisis Usaha “JOMIAL” Jajanan Onde-Onde Milenial di Desa Sumolawang Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (35kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

“JOMIAL” Jajanan Onde-Onde Milenial merupakan produk inovasi baru yang berbahan dasar tepung ketan, kentang, garam, air, dan gula pasir yang diolah dengan cara proses penggorengan. Produk JOMIAL dikatakan sebagai produk inovasi baru dikarenakan varian isi onde-onde menggunakan cokelat dan selai strowberi yang berbeda pada umumnya yang menggunakan kacang hijau.Adanya inovasi pada varian isi bertujuan untuk menambah nilai jual dari produk ondeonde yang pada dasarnya termasuk jajanan tradisional, dimana masyarakat lebih khusus para remaja yang kurang minat.Tugas Akhir ini dilakukan di Desa Sumolawang Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto selama 5 bulan yang dimulai dari tanggal 1 Januari2022 sampai dengan tanggal 31 Mei 2022. Adanya Tugas Akhir ini yaitu bertujuan untuk dapat melakukan proses produksi, dapat menganalisis kelayakan usaha, dan dapat menentukan strategi pemasaran produk JOMIAL. Metode analisis data yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio.dan ROI. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan yaitu meliputi proses produksi, pemasaran produk, dan analisis kelayakan usaha, sehingga diperoleh bahwa produksi dilakukan selama 5 kali. Pemasaran yang digunakan yaitu pemasaran langsung. Sedangkan promosi dilakukan dengan cara promosi langsung dan melalui media sosial seperti WhapsApp. Dalam perhitungan 1 kali produksi menghasilkan BEP (Unit) sebanyak 11 kemasan dengan hasil produksi 12 kemasan, BEP (Harga) sebesar Rp 7.362,5 per kemasan dengan harga jual Rp 8.000,00 per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,08 dan ROI sebesar 8,6%. Berdasarkan ketiga analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa usaha JOMIAL menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Kata Kunci : Analisis Usaha, Jomial, BEP

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMayasari, FinanciaNIDN0008078501
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Jomial, BEP
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Vivi Reza Andriani
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:26
Last Modified: 30 Aug 2022 03:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16014

Actions (login required)

View Item View Item