Prosedur Penyelesaian SP2D pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Semarang 1

Maulana, Muhammad (2022) Prosedur Penyelesaian SP2D pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Semarang 1. Project Report. Politeknik Negeri Jember. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
ringkasan pkl.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1 pkl (2).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dafpus pkl (2).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Ykampus_PROSES PK_PROSEDUR PENYELESAIAN RETUR SURAT PERINTAH PENCAIRAN DANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Laporan Praktik Kerja Lapang ini disusun untuk memberikan gambaran mengenai hasil pekerjaan yang sudah dilaksanakan selama PKL dilaksanakan dengan tujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan mendapatkan gelar Sarjana Terapan (S.Tr). Tujuan Khusus laporan ini adalah dapat menjelaskan “Prosedur Penyelesaian Retur Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Semarang I”. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Semarang 1 merupakan salah satu KPPN Percontohan yang terbentuk dalam rangka reformasi birokrasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia, khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan. KPPN Semarang 1 dalam kedudukannya sebagai KPPN Percontohan ikut dalam periode ke-4 yang di launching Direktur Jenderal Perbendaharaan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-02/PB/2009 pada tanggal 06 Januari 2009 tentang Penetapan KPPN Percontohan Tahap IV di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Prosedur penyelesaian retur SP2D merupakan proses yang diawali dengan pengecekan data retur di aplikasi OM-SPAN oleh user staff seksi bank. User staff seksi bank membuat surat pemberitahuan retur sesuai data retur yang telah tersedia. Surat pemberitahuan tersebut dikirimkan kepada satker yang SP2D nya dikenakan retur. Satker yang telah menerima pemberitahuan melakukan perbaikan data pada sistem aplikasi yang digunakan dan membuat surat permintaan perbaikan dan dikirimkan ke KPPN. Selanjutnya seksi pencairan dana akan melakukan perubahan data supplier. Selanjutnya user staff seksi bank melakukan perekaman SPP-Retur melalui SPAN. Berdasarkan SPP-Retur tersebut kemudian Kepala Kantor menerbitkan SPM-Retur melalui aplikasi SPAN. Seksi pencairan dana melakukan penelitian dan pengujian terhadap SPM-Retur sehingga seksi bank menerbitkan SP2D-R berdasarkan SPM-Retur yang telah diuji oleh seksi pencairan dana.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSugiartono, EndroNIDN0029058906
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 573 - Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik > PKL
Depositing User: Muhammad Andika Maulana
Date Deposited: 27 Aug 2022 02:18
Last Modified: 27 Aug 2022 02:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15919

Actions (login required)

View Item View Item