Strategi budidaya kepiting soka (Scylla spp.) sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat di Desa Gosong Telaga Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh

Musi, Ngani Alwirya (2022) Strategi budidaya kepiting soka (Scylla spp.) sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat di Desa Gosong Telaga Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh. Project Report. Perpustakaan Politeknik Negeri Jember. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
P601200944 NGANI ALWIRYA MUSI - ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
P601200944 NGANI ALWIRYA MUSI - BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (108kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
P601200944 NGANI ALWIRYA MUSI - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (195kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
P601200944 NGANI ALWIRYA MUSI - FULL TEXT.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Praktik Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) bertujuan untuk mengetahui teknik dan strategi budidaya kepiting soka dan memberikan edukasi kepada petambak, nelayan dan masyarakat sekitar tentang pemanfaatan limbah cangkang kepiting yang bisa diolah menjadi berbagai produk yang dapat menjadikan nilai ekonomi. Kegiatan Praktik Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) dilakukan di Usaha Agribisnis Crab King Gostel Jaya di Desa Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh selama 3 bulan terhitung dari pertengahan bulan September hingga Pertengahan bulan Desember tahun 2021. Metode yang digunakan adalah Pengamatan, Identifikasi Masalah, FGD, Wawancara dan implementasi langsung terkait hal-hal yang berkaitan tentang budidaya kepiting soka. Selama proses kegiatan PPPM di Tambak Crab King Gostel Jaya pihak CKGJ menerima dengan baik dan mendukung seluruh kegiatan yang penulis ajukan untuk diselesaikan secara bersama-sama. Srtategi budidaya kepiting soka (Scylla serrata) memberikan dampak yang positif terhadap bagi nelayan dan masyarakat desa Gosong Telaga. CKGJ mampu memberikan wadah yang memberikan masa depan bagi nelayan kepiting yang bekerja sama untuk memberikan hasil tangkapan ke CKGJ. Usaha yang bergerak dibidang usaha agribisnis memberikan peluang yang menjanjikan karena masih menjadi satu-satunya yang ada di wilayah Barat-Selatan Aceh. Pengolahan limbah cangkang kepiting akan mampu memberikan nilai ekonomis apabila dapat dimanfaatkan dengan baik, untuk itu penulis memberikan seminar dan pelatihan kepada karyawan dan masyarakat sekitar dengan hasil 63% peserta pelatihan memberikan respon yang positif untuk mengolah limbah cangkang kepiting. Kata Kunci: Kepiting Soka (Scylla serrata), Strategi Budidaya, Pemanfaatan cangkang kepiting.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRizal, RizalNIP195908221988031001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > PKL
Depositing User: NGANI ALWIRYA MUSI
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:45
Last Modified: 29 Aug 2022 01:52
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15914

Actions (login required)

View Item View Item