Analisis Keberlanjutan Dan Penentuan Strategi Agribisnis Budidaya Kepiting Soka (Scylla spp.) di Kabupaten Aceh Singkil.

Musi, Ngani Alwirya (2022) Analisis Keberlanjutan Dan Penentuan Strategi Agribisnis Budidaya Kepiting Soka (Scylla spp.) di Kabupaten Aceh Singkil. Masters thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
P601200944 NGANI ALWIRYA MUSI-BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
P60120944 NGANI ALWIRYA MUSI - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (327kB)
[img] Text (Abstract)
P601200944 NGANI ALWIRYA MUSI - ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (165kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
P601200944 NGANI ALWIRYA MUSI - FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kepiting soka atau kepiting lunak (Scylla spp.) menjadi produk seafood yang semakin digemari dikalangan masyarakat karena memudahkan konsumen dalam mengolah dan mengonsumsinya. Kepiting soka memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan dengan kepiting keras sehingga menjadi prospek dalam kegiatan usaha tambak dibidang agribisnis budidaya kepiting soka. budidaya kepiting soka umumnya dilakukan di daerah pesisir dan sumber daya alam yang berlimpah dan mudah dijangkau. Penelitian ini dilakukan di usaha tambak budidaya kepiting soka Crab King Gostel Jaya di Kabupate Aceh Singkil bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keberlanjutan budidaya kepiting soka dan penentuan strategi yang tepat dalam upaya pengembangan usaha tambak budidaya kepiting soka sehingga penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pesisir, nalayan, dan bakal pelaku usaha dalam berbudidaya kepiting soka dikabupaten aceh singkil. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Multidimensionall Scaling and Rapid Apprasial for Sustainability (MDS-RAPS) atau Rapfis analisis untuk menganalisis status kebelanjutan dan Analytic Hierarchy Process (AHP) sebagai alat analisis dalam penentuan strategi budidaya kepiting soka (Scylla spp.). Hasil analisis menunjukkan bahwa posisi pertama pada status keberlanjutan adalah dimensi ekologi dengan atribut kualitas lingkungan dan kedua dimensi kelembagaan pada atribut lembaga permodalan dengan kategori sangat keberlanjutan. Posisi ketiga dimensi ekonomi pada atribut ketetapan harga jual beli bibit kepiting soka dan keempat dimensi sosial pada atribut peranan lembaga swasta dengan kategori cukup keberlanjutan, dan posisi kelima dimensi teknologi pada atribut sarana dan prasarana budidaya kepiting soka. penelitian ini merekomendasikan kepentingan strategi utama pada atribut kualita lingkungan dan kedua pengaadaan sarana dan prasarana budidaya kepiting soka sebagai upaya pembudidaya dalam mengembangkan agribinis dibidang budidaya kepiting soka. Kata kunci: MDS-RAPS, AHP, Agribisnis, Budidaya Kepiting Soka (Scylla spp.), Kabupaten Aceh Singkil.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRizal, RizalNIDN0029058906
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: NGANI ALWIRYA MUSI
Date Deposited: 27 Aug 2022 05:17
Last Modified: 27 Aug 2022 05:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15902

Actions (login required)

View Item View Item