Pengembangan Koperasi Serba Usaha (KSU) Permata dalam Upaya Penguatan Perekonomian Petani di Desa Sumberpinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember

Agustiningsih, Triana (2022) Pengembangan Koperasi Serba Usaha (KSU) Permata dalam Upaya Penguatan Perekonomian Petani di Desa Sumberpinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Project Report. Perpustakaan. (Unpublished)

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (156kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan PPPM Triana Agustiningsih P601200935 full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Koperasi Serba Usaha (KSU) Permata Desa Sumberpinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember yang berdiri sejak tanggal 2 Oktober 2014, mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan dimensi ekonomi masyarakat khususnya petani anggotanya. Dalam perjalanannya selama tujuh tahun ini, KSU Permata mengalami berbagai permasalahan yang berasal dari faktor internal maupun eksternal. Hal ini mempengaruhi perkembangan koperasi, yang jika dibiarkan saja dan tidak diperbaiki, maka akan mempengaruhi kinerja koperasi ke arah yang negatif. Beberapa permasalahan utama yang dihadapi KSU Permata adalah sebagai berikut: (1) menurunnya keaktifan anggota dalam pembayaran simpanan dan angsuran pinjaman secara tepat waktu; (2) jumlah keanggotaan koperasi yang minim dan masih terbatas pada pengurus kelompok tani/kontak tani sehingga KSU Permata sulit berkembang; (3) lemahnya kelembagaan KSU Permata disebabkan: belum adanya kantor sekretariat dan keterbatasan keterampilan pengurus pengawas dalam mengelola koperasi; serta layanan usaha KSU Permata yang masih terbatas pada unit usaha simpan pinjam. Pelaksanaan Praktik Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) pada KSU Permata menggunakan metode pemecahan masalah antara lain wawancara, focus group discussion, pendidikan pelatihan, dan kemitraan. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan PPPM sangat positif, yaitu teridentifikasinya faktor utama yang memotivasi anggota mendaftar koperasi adalah untuk memenuhi kebutuhan modal usahatani, faktor yang mempengaruhi ketidakaktifan anggota dalam berkoperasi adalah kesibukan bekerja, sedangkan faktor yang mempengaruhi ketidakaktifan anggota dalam simpan pinjam disebabkan anggota tidak memahami kewajibannya, tidak mempunyai uang (gagal usaha), dan kepentingan lainnya. Pendidikan pelatihan perkoperasian yang dilakukan dapat meningkatkan wawasan anggota dan jumlah anggota koperasi. Kelembagaan KSU Permata semakin menguat setelah adanya fasilitasi kantor dan meningkatknya keterampilan pengurus mengelola koperasi. Adapun upaya pengembangan KSU Permata dilakukan dengan xi memperbaiki usaha simpan pinjam dan menambah usaha baru yaitu toko sembako dan produk olahan. Hasil PPPM yang dilaksanakan di KSU Permata menunjukkan adanya perubahan kondisi sebelum dan sesudah pelaksanaan PPPM. Kondisi ini diharapkan akan tetap kondusif meskipun pelaksanaan PPPM telah selesai. Anggota, pengurus dan pengawas koperasi perlu bersinergi untuk mampu mengelola koperasi dengan baik. Kemajuan koperasi tergantung dari keaktifan dan partisipasi anggota itu sendiri, adapun pengurus dan pengawas membantu dalam pelaksanaannya sesuai hasil kesepakatan rapat anggota. Demikian halnya pada KSU Permata, jika ingin berkembang pesat, maka harus didukung penuh oleh seluruh anggota yang berkontribusi aktif pada koperasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuksin, MuksinNIP197310101998031002
Uncontrolled Keywords: pengembangan, koperasi, penguatan, perekonomian, petani
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 181 - Sosial Ekonomi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 183 - Ekonomi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > PKL
Depositing User: Triana Agustiningsih
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:09
Last Modified: 26 Aug 2022 06:10
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15862

Actions (login required)

View Item View Item