Pengendalian Hama Pada Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L) Secara Hayati Menggunakan Metode Trichogramma sp. di PT Perkebunan Nusantara XI PG Assembagoes Situbondo-Jawa Timur

Fa'izah, Aulia Farah (2022) Pengendalian Hama Pada Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L) Secara Hayati Menggunakan Metode Trichogramma sp. di PT Perkebunan Nusantara XI PG Assembagoes Situbondo-Jawa Timur. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (338kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (432kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text PKL 2022.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Program praktik kerja lapang wajib dilaksanakan bagi setiap mahasiswa semester akhir sebagai bahan penulisan tugas akhir dan memberikan pengalaman praktik kerja kepada mahasiswa. Perkembangan yang terjadi dalam dunia bisnis menyebabkan terjadinya kesenjangan antara teori dengan praktik, sehingga dengan kegiatan praktik kerja lapang (PKL) mahasiswa memiliki gambaran tentang kondisi nyata yang terjadi didalam dunia pertanian khususnya bidang budidaya tebu. PKL yang dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara XI Pabrik Gula Assembagoes merupakan salah satu perkebunan tanaman tebu. PKL dilaksanakan mulai tanggal 20 September 2021 sampai dengan 20 Desember 2021. Metode pelaksanaan PKL di Pabrik Gula Assembagoes yaitu praktek langsung di lapang, pengamatan, melakukan wawancara dan diskusi, dan studi pustaka. Pabrik Gula Asembagoes merupakan lambang keberhasilan dalam pengelolaan kebun dan Pabrik Gula secara terintegrasi. Dukungan lahan hak guna usaha baik di Asembagus maupun Banyuwangi sangat menopang keberadaan Pabrik Gula tidak saja dalam pasokan tebu secara berkelanjutan, namun juga terselenggaranya kontrol kebundan peragaan yang sangat efektif dalam mewujudkan media pembelajaran bagi para petani, sehingga sangat cocok untuk lokasi PKL. Tujuan dilaksanakannya PKL mahasiswa diharapkan dapat melaksanakan budidaya tanaman tebu dengan baik, dapat mengetahui dan memahami teknik manajemen pemeliharaan tanaman tebu di PT. Perkebunan Nusantara XI Pabrik Gula Assembagoes-Situbondo. Kegiatan budidaya tebu erat kaitannya dengan pemeliharaan tanaman tebu untuk menghasilkan yang optimal. Tebu ( Saccharum Officinarum L.) merupakan bahan baku utama dalam pembuatan gula. Hingga saat ini, gula tebu merupakan suatu komoditas yang paling strategis sebagai sumber perekonomian termurah. Negara Indonesia merupakan importir gula terbesar di dunia. Indonesia memiliki cukup banyak pabrik gula yang mampu memenuhi kebutuhan gula nasional. Salah satunya adalah pabrik Gula Asembagoes yang memiliki peran penting dalam perkembangan industri gula di Indonesia. PKL dilaksankan di kebun Hak Guna Usaha (HGU) Pabrik Gula Assembagoes-Situbondo. Kegiatan yang dilakukan pada saat PKL meliputi semua hal dari pembibitan, perawatan, dan pengolahan tebu menjadi gula. Penulis juga terlibat dan bersosialisasi langsung dengan pekerja dan pengelola kebun HGU Pabrik Gula Assembagoes, sehingga dapat mempelajari dan memahami etika dan budaya di PT. Perkebunan Nusantara XI Pabrik Gula Assembagoes.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAsmono, Sepdian LuriNIDN0003098604
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Aulia Farah Fa'izah
Date Deposited: 26 Aug 2022 05:28
Last Modified: 26 Aug 2022 05:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15806

Actions (login required)

View Item View Item