“Budidaya Dan Pengelolaan Tanaman Penaung Kopi Robusta (Coffea Canephora L.) DI PTPN XII Kebun Malangsari Banyuwangi, Jawa Timur JAWA TIMUR

Setyowati, Anis Dwi “Budidaya Dan Pengelolaan Tanaman Penaung Kopi Robusta (Coffea Canephora L.) DI PTPN XII Kebun Malangsari Banyuwangi, Jawa Timur JAWA TIMUR. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
PKL RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (157kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PKL BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PKL DAPUS.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (34kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL LENGKAP TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang yang dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Malangsari Kalibaru, Banyuwangi merupakan salah satu perusahaan perkebunan tanaman kopi. PKL dilaksanakan mulai tanggal 6 September 2021 sampai dengan 31 Januari 2022 atau selama ± 5 bulan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Praktek Kerja Lapang, mahasiswa diharapkan dapat mempelajari sekaligus melaksanakan budidaya tanaman kopi di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Malangsari Kalibaru, Banyuwangi. Kegiatan budidaya tanaman kopi meliputi pembibitan, penanaman, pemeliharaan, panen, dan pengolahan pasca panen kopi. Judul yang dipilih dalam penulisan laporan PKL ini adalah kajian khusus mengenai pengelolaan tanaman penaung kopi robusta. Pertumbuhan kopi yang optimum membutuhkan intensitas cahaya tidak lebih dari 80% dengan membutuhkan tanaman penaung. Pengaturan tanaman penaung akan menciptakan kondisi iklim mikro yang cocok untuk tanaman kopi, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya akan menjadi lebih optimal. Penggunaan tanaman penaung harus sesuai dengan syarat pertumbuhan tanaman kopi. Pengelolaan penaung yang tepat akan membuat pertumbuhan dan produktivitas tanaman kopi menjadi lebih optimal. Hasil dari kegiatan PKL di Kebun Malangsari, Banyuwangi ini penulis memperoleh pengalaman dalam mengikuti kegiatan budidaya yang dilakukan di lapang. Penulis juga dapat bersosialisasi langsung dengan pekerja dan pengelola kebun sehingga dapat mempelajari dan memahami etika dan budaya di perusahaan perkebunan PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Malangsari-Kalibaru, Banyuwangi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFisdiana, UskenNIDN0021106007
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Anis Dwi Setyowati
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:17
Last Modified: 26 Aug 2022 03:18
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15771

Actions (login required)

View Item View Item