Perbaikan Mutu Manajemen Dan Keberlanjutan Desa Wisata Tirta Agung Sukosasari Kidul Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso

Triaprilina, Elvita (2022) Perbaikan Mutu Manajemen Dan Keberlanjutan Desa Wisata Tirta Agung Sukosasari Kidul Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN..pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (151kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (289kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
P6012009038_LAPORAN LENGKAP..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Desa Sukosari Kidul adalah Desa yang terletak di Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso Jawa Timur yang telah memiliki Destinasi Wisata Tirta Agung yang telah beroperasi sejak tahun 2018, dan sejak tahun 2019 diresmikan dengan Surat Keputusan Bupati Bondowoso menjadi Desa Wisata dengan nama Desa Wisata Tirta Agung. Desa Wisata Tirta Agung ini sudah berjalan selama 2 tahun dengan pengelolaannya dilakukan olek Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis). Selama menjalankan kegiatannya Desa Wisata Tirta Agung masih memiliki berbagai permasalahan diantaranya minimnya kompetensi SDM Pokdarwis dalam manajemen pengelolaan Desa Wisata, potensi wisata yang belum tereksplorasi secara optimal sehingga atraksi wisatanya terkesan monoton dan masih minimnya partisipasi masyarakat. Pelaksanaan Praktik Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pemahaman mahasiswa tentang manajemen pengelolaan Desa Wisata Tirta Agung, memahami dan menguraikan masalah yang muncul dalam keberlanjutan dan peningkatan kunjungan wisatawan. Metode pendekatan pemecahan masalah dengan observasi, wawancara, pelatihan, pendampingan dan publikasi. Hasil pelaksanaan Praktik Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) sangat positif yaitu teridentifikasinya permasalah yang menyebabkan minimnya kompetensi SDM Pokdarwis dalam pengelolaan wisata karena latar pendidikan yang rendah, tidak berlatang belakang pariwisata, belum adanya diklat terkait pengelolaa Desa Wisata pada keseluruhan anggota. Belum terekplorasinya potensi wisata disebabkan belum adanya pendapingan rutin dalam pemetaan potensi Desa Wisata Tirta Agung, serta belum adanya sosialisi kepada masyarakat tentang bagaimana peran dan partisapasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata. Pemecahan permasalahan yang dapat telah dilakukan dalam kegiatan PPPM yaitu pelatihan Peningkatan Kompetensi SDM tentang Organisai Pokdarwis serta Tugas dan Fungsinya, Pelatihan Pengembangan Daya Tarik Wisata Berbasis Kuliner, Pendampingan Pemetaan Potensi Wisata dan UMKM Pendukung Desa Wisata, Pendampingan Perencaan Strategis Pengembangan Pariwisata dan Pembuatan Paket Wisata yang melibatkan banyak partisipasi masyarakat, Publikasi Struktur Organisasi Pokdarwis serta Tugas Fungsi dan Jam operasional pengelola desa Wisata Tirta Agung. Perubahan yang terjadi setelah pelaksanaan PPPM adalah terjadi peningkatan pengetahan dan motivasi SDM Pokdarwis dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan posisinya dalam Struktur Organisasinya, dilakukannya restrukturisasi Struktur Organisasi Pokdarwis, keaktifan admin media social Desa Wisata Tirta dalam memposting kegiatan-kegiatan wisata. Tersusunnya Data Potesi wisata dan UMKM yang dapat dikembangakan dalam kegiatan wisata.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuksin, MuksinNIDN0010107304
Uncontrolled Keywords: Perbaikan Mutu Manajemen Dan Keberlanjutan Desa Wisata Tirta Agung Sukosasari Kidul
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > PKL
Depositing User: Elvita Triaprilina
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:14
Last Modified: 26 Aug 2022 07:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15770

Actions (login required)

View Item View Item