Proses Produksi Benih Buncis (Phaseolus vulgaris L.) Varietas H93 WIP 3DI PT. Wira Agro Nusantara Sejahtera Kediri jawa Timur

Muliasih, Asti Zamas (2022) Proses Produksi Benih Buncis (Phaseolus vulgaris L.) Varietas H93 WIP 3DI PT. Wira Agro Nusantara Sejahtera Kediri jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (82kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Lapora Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
bab 1 pkl asti.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (29kB)

Abstract

Proses Produksi Benih Buncis (Phaseolus vulgaris L.) Varietas H93 WIP 1 WIP 2 dan WIP 3 di PT Wira Agro Nusantara Sejahtera Kediri Jawa Timur, Asti Zamas Muliasih, NIM D41182111, Tahun 2022, Halaman 44, Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember, Prof. Dr. Ir. Bagus Putu Yudhia K, M.P (Dosen Pembimbing). Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan salah satu kegiatan mahasiswa secara langsung dan nyata dalam kegiatan kerja profesi pada suatu lembaga atau instasi yang mencakup proses belajar berdasarkan pengalaman diluar sistem belajar di bangku kuliah dan praktek di kampus. Kegiatan PKL dilaksanakan kurang lebih selama 4 bulan setara dengan 900 jam kerja atau setara dengan 20 SKS yang terbagi menjadi 360 jam untuk pembekalan kegiatan PKL serta bimbingan, sedangkan 540 jam selama kegiatan di perusahaan benih di perusahaan benih PT Wira Agro Nusantara Sejahtera. Tujuan khusus kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini adalah mampu menjelaskan secara langsung pelaksanaan WIP 1 – WIP 3 benih buncis di PT Wira Agro Nusantara. PT Wira Agro Nusantara Sejahtera merupakan perusahaan dalam negeri yang bergerak dibidang pertanian secara umum, bidang usaha yang dilakukan meliputi pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan Agribisnis terutama dalam hal produksi benih tanaman pangan, sayuran dan buah semusim, serta penyediaan sarana produksi pertanian (pupuk, pestisida, mulsa, tali PE dll). Proses produksi Buncis H93 melalui beberapa tahapan dari WIP 1 – 3 WIP 3 yaitu pemanenan, pengangkutan, penurunan, penjemuran, sortasi, hingga masuk gudang. Buncis H93 merupakan varietas yang dimiliki oleh PT Wira Agro Nusantara Sejahtera dengan keunggulannya yaitu jumlah polong banyak, produksi tinggi. Ciri utama yang dimiliki buncis H9 yaitu tangkai polong pendek, warna polong muda hijau dan warna biji coklat keabu-abuan. Tekstur polong muda renyah dan rasa polong muda yang dimiliki buncis H93 yaitu manis. vii WIP (Work In Process) yaitu proses dari barang setengah jadi menjadi barang jadi. WIP 1 ini merupakan tahap awal untuk menuju barang jadi. WIP 1 yang terdapat pada PT Wira Agro Nusatara Sejahtera yaitu hasil panen dari petani berupa glondong yang meliputi pemanenan, pengangkutan menuju gudang dan penjemuran glondong. WIP 2 pada PT Wira Agro Nusantara Sejahtera yaitu benih kotor yang masih bercampur dengan kotoran benih yang meliputi perontokan, sortasi dan penjemuran benih. WIP 3 dalam PT Wira Agro Nusantara Sejahtera ini meliputi benih bersih. Benih buncis yang telah melalui proses yang sesuai dapat dilakukan uji kadar air dan proses selanjutnya langsung dimasukkan dalam gudang penyimpanan dengan suhu 21-26,3’C.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisork, Bagus Putu YudhiaNIDN0002106901
Uncontrolled Keywords: Buncis H93
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Hafiy WIrahadi Kusumah
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:29
Last Modified: 25 Aug 2022 02:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15692

Actions (login required)

View Item View Item