Efektivitas Pengunaan Asam Sulfat (H2SO4) Terhadap Uji Kebuntingan Sapi POGASI (Peranakan Ongole Grati Hasil Seleksi)

Khadafi, Revaldi Muamar (2022) Efektivitas Pengunaan Asam Sulfat (H2SO4) Terhadap Uji Kebuntingan Sapi POGASI (Peranakan Ongole Grati Hasil Seleksi). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (231kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
ACC BANDEL SIPORA 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy

Abstract

Sapi potong merupakan salah satu komponen usaha tani yang cukup besar peranannya dalam menunjang terwujudnya kebutuhan daging secara nasional, Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan daging sapi nasional adalah upaya pengembangan pembibitan sapi potong. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha pembibitan sapi potong salah satunya adalah pemeriksaan kebuntingan dini setelah IB, mengetahui atau mengindentifikasi kapan ternak sapi bunting sangat penting untuk diketahui karena dibutuhkan persiapan untuk membantu saat kelahiran anak sapi serta persiapan awal masa pertumbuhan. Pemeriksaan kebuntingan dapat dilakukan menggunkan Asam Sulfat (H2SO4), Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat evektivitas dari penggunaan Asam Sulfat (H2SO4) dalam detekti kebuntingan pada sapi Peranakan Ongole (POGASI) betina. Penelitian ini dulakukan pada tanggal 29 Desember 2021 sampai 30 Desember 2021. Penelitian ini menggunakan sampel 5 sampel urine sapi Peranakan Ongole (POGASI) betina dengan umur kebuntingan 4 sampai 7 bulan yang dilakukan pengujian dengan Asam Sulfat (H2S04) ditambah aquadest. Data yang didapatkan yaitu tanggal dilakukannya inseminasi buatan untuk menentukan umur kebuntingan, waktu terjadinya perubahan warna pada sampel, sensitivitas dan akurasi yang diperoleh dari perhitungan true positive dan false negative untuk menentukan tingkat efektivitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akurasi dan sensitivitas penggunaan Asam Sulfat (H2SO4) ini cukup tinggi. Untuk sensitivitas diketahui mencapai 80% dan akurasi mencapai 80% dengan demikian penggunaan Asam Sulfat (H2SO4) dapat diterapkan dalam deteksi kebuntingan pada sapi betina yang sedang bunting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIP197801032008121001
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pengunaan Asam Sulfat (H2SO4) Terhadap Uji Kebuntingan Sapi POGASI (Peranakan Ongole Grati Hasil Seleksi)
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: REVALDI MUAMAR KHADAFI
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:07
Last Modified: 26 Aug 2022 02:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15681

Actions (login required)

View Item View Item