Respon Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Tembakau Besuki Na-Oogst (Nicotiana tabacum L.) Terhadap Penambahan Pupuk Kascing

Yusril, Alvin Bayu (2022) Respon Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Tembakau Besuki Na-Oogst (Nicotiana tabacum L.) Terhadap Penambahan Pupuk Kascing. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1 TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
TUGAS AKHIR ALVIN BAYU YUSRIL SIPORA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan teknologi ramah lingkungan menjadi penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk itu, petani perlu sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Pertanian organik menjadi salah satu solusinya. Masalah yang sering dihadapi dalam menerapkan pertanian organik adalah rendahnya kadar bahan organik dan unsur hara tanah. Pupuk organik adalah pupuk yang diperoleh dari sampah organik yang lapuk. Salah satu pupuk organik adalah kascing merupakan kotoran cacing yang tercampur dengan media bekas perkembangbiakan yang dapat digunakan sebagai pupuk tanaman yang memiliki keunggulan dibanding dengan pupuk organik lainnya. Kascing juga mengandung berbagai mikronutrien yang dibutuhkan oleh tanaman seperti Fe, Mn, Cu, Zn, Bo dan Mo. Selain itu, kascing juga murah dan ramah lingkungan. Kascing dapat menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam pertumbuhan dan produktivitas tanaman secara keseluruhan, terlepas dari ketersediaan nutrisi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan pupuk kascing terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman tembakau Besuki Na-Oogst. Dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dan mencatat 25 satuan percobaan dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu: P1: 0 gram (Kontrol, BKPM Politeknik Negeri Jember), P2: 100 gram/tanaman P3: 200 gram/tanaman P4: 300 gram/tanaman P5: 400 gram/tanaman. Jika hasil analisis menunjukkan bahwa perlakuan-perlakuan tersebut berbeda nyata (signifikan), maka dilakukan pengujian lain dengan menggunakan uji beda nyata terkecil (BNT). Penambahan pupuk kascing terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman tembakau besuki na-oogst menunjukkan berbeda nyata (signifikan) pada parameter Tinggi Tanaman dan Diameter Batang. Penambahan pupuk kascing terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tembakau besuki na-oogst menunjukkan tidak berbeda nyata (non signifikan) pada parameter Jumlah Daun, Panjang Daun dan Berat Basah Daun Panen. Perlakuan P1 merupakan perlakuan dengan rerata tertinggi daripada perlakuan lainnya, namun berdasarkan uji lanjut BNT perlakuan P1 dengan P5 tidak berbeda nyata. Dengan kata lain pemberian pupuk kascing dengan dosis 400 gram dapat mengimbang pemberian pupuk KS dan KNO3 (anorganik) dalam pertumbuhan tanaman tembakau Besuki Na-Oogst, terutama pada paremeter tinggi tanaman dan diameter batang. Meskipun perlakuan P5 dengan P2, P3 dan P4 tidak berbeda nyata pada uji lanjut BNT yang diduga kuat karena pemberian pupuk tarter ZA, SP-36 dan KNO3, berdasarkan grafik pertumbuhan tinggi tanaman dan diameter batang hanya perlakuan P5 yang mengimbangi pertumbuhan dengan perlakuan P1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYusril, Alvin BayuNIMA32192310
Uncontrolled Keywords: Tembakau Besuki Na-Oogst, Pupuk Kascing, Pupuk Organik
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Alvin Bayu Yusril
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:22
Last Modified: 23 Aug 2022 03:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15483

Actions (login required)

View Item View Item