Pengaruh Penambahan Asam Malat Terhadap Sifat Kimia dan Organoleptik Serbuk Effervescent Apel Anna (Malus domestica Borkh)

Fardani, Trinata Melina (2022) Pengaruh Penambahan Asam Malat Terhadap Sifat Kimia dan Organoleptik Serbuk Effervescent Apel Anna (Malus domestica Borkh). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (203kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (1).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (325kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Buah merupakan bahan pangan yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dari sekian banyak komoditas buah yang banyak diminati oleh masyarakat adalah buah apel. Pemanfaatan buah apel sebagai produk pangan biasanya hanya dijadikan bahan olahan seperti sari buah, keripik buah, selai dan sebagainya. Oleh karena itu, guna meningkatkan hasil produk buah apel dan memberikan daya tarik buah apel maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan pengolahan yang berbeda menjadi olahan minuman serbuk effervescent. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsentrasi asam malat terhadap sifat kimia dan organoleptik serbuk effervescent apel anna dengan perlakuan konsentrasi asam malat 5%, 10%, dan 15%. Pengaruh asam malat terhadap sifat kimia dan organleptik serbuk effervescent apel anna didapatkan hasil yaitu perlakuan konsentrasi asam malat 5%, 10%, dan 15% memberikan pengaruh yang nyata terhadap sifat kimia (nilai pH dan vitamin C), sedangkan untuk sifat kimia (kadar air) tidak memberikan pengaruh yang beda nyata. Sedangkan perlakuan konsentrasi asam malat 5%,10%, dan 15% memberikan pengaruh yang nyata terhadap sifat organoleptik baik uji hedonik maupun uji mutu hedonik (Rasa), dan untuk sifat organoleptik (Warna dan Aroma) tidak memberikan pengaruh yang beda nyata. Sehingga diperoleh perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan konsentrasi asam malat 10%. Hal itu dibuktikan oleh pengujian uji hedonic pada parameter warna, aroma, dan rasa memiliki nilai yang tinggi jika dibandingkan dengan konsentrasi 5% dan 10%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, M. ArdiansyahNIDK8882110016
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Trinata Melina Fardani
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:16
Last Modified: 23 Aug 2022 07:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

View Item View Item