Perbanyakan Vegetatif Pada Budidaya Tanaman Kopi Robusta (Coffea Canephora) Di Ptpn Xii Kebun Malangsari – Banyuwangi

Maulana, Achmad Fiqih (2022) Perbanyakan Vegetatif Pada Budidaya Tanaman Kopi Robusta (Coffea Canephora) Di Ptpn Xii Kebun Malangsari – Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A32192068_LAPORAN LENGKAP_fiqi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Malangsari, Banyuwangi. PT. Perkebunan Nusantara merupakan suatu lembaga atau instansi yang berada di bawah naungan dari BUMN yang bergerak dalam bidang perkebunan seperti tanaman kopi, kakao, tebu, teh, karet dan tanaman lainnya. Praktek Kerja Lapang dimulai pada tanggal 6 September 2021 sampai dengan 31 Januari 2022 atau ± 4 bulan. Praktek Kerja Lapang ini bertujuan agar mahasiswa mampu mempelajari dan juga melakukan pelaksanaan budidaya tanaman kopi robusta di PT. Perkebunan Nusantara Kebun Malangsari, Banyuwangi. Kegiatan budidaya tanaman kopi robusta yang penting dilakukan adalah pembibitan, persiapan lahan, penanaman penaung, persiapan tanam dan penanaman kopi, pemeliharaan, serta panen dan pasca panen kopi robusta. Kajian yang diangkat dalam penulisan laporan PKL ini yaitu perbanyakan vegetatif pada budidaya tanaman kopi robusta. Perbanyakan dengan cara vegetatif yaitu menggunakan bagian vegetatif tanaman kopi, seperti daun, ranting, cabang dan akar untuk perbanyakan tanaman. Perbanyakan vegetatif yang dilaksanakan di kebun Malangsari terdapat dua macam yaitu stek sambung/stek akar dan sambung stek. Stek sambung dilaksanakan dengan menumbuhkan terlebih dahulu batang bawah di persemaian, lalu dipindah tanam ke media polybag untuk dipelihara selama 3 bulan dan disambungkan dengan entres batang atas, Berbeda dari stek sambung, hal yang membedakan keduanya adalah waktu pelaksanaan penyetekan dan penyambungannya. sambung stek adalah penyambungan yang dilakukan bersamaan dengan penyetekan. Dari kegiatan PKL di Kebun Malangsari, penulis mendapat pengalaman dalam mengikuti kegiatan budidaya yang dilakukan di lapang. Penulis juga dapat berinteraksi langsung dengan pekerja dan pengelola kebun hngga didapat banyak ilmu dalam memahami etika di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Malangsari, Banyuwangi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFisdiana, UskenNIDN196010211988112001
Uncontrolled Keywords: Perbanyakan Vegetatif Pada Budidaya Tanaman Kopi Robusta (Coffea Canephora) Di Ptpn Xii Kebun Malangsari – Banyuwangi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Achmad Fiqih Maulana
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:28
Last Modified: 23 Aug 2022 03:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15380

Actions (login required)

View Item View Item