Korelasi Antara Masa Laktasi Dengan Tingkat Produksi Susu Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) (Studi Kasus Di UPT Pembibitan Ternak Dan Hijauan Makanan Ternak Kediri)

Qutsy, Zainol (2022) Korelasi Antara Masa Laktasi Dengan Tingkat Produksi Susu Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) (Studi Kasus Di UPT Pembibitan Ternak Dan Hijauan Makanan Ternak Kediri). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
BURNING TA-8.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BURNING TA-15-16.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
BURNING TA-31-33.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (128kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ternak perah adalah ternak yang diusahakan untuk menghasikan susu sebanyak-banyaknya, disamping hasil lainnya. Salah satu hewan ternak penghasil susu yaitu sapi perah. Sapi perah merupakan hewan ternak yang menghasilkan susu yang memiliki gizi tinggi. Susu dibutuhkan oleh generasi muda salah satunya yaitu pada usia sekolah. Produksi susu sapi perah umumnya diukur dari berapa banyak susu yang dihasilkan setiap harinya dijumlah antara pemerahan pagi dan sore. Pencatatan pemerahan dilakukan untuk menghitung berapa produksi susu selama masa laktasi. Tujuan pengamatan ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan antara masa laktasi dengan produksi susu sapi perah Peranakan Friesian Holstein (PFH). Pengamatan dilakukan selama 3 bulan mulai dari 1 September sampai 30 November di UPT Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak Kediri. Bahan pengamatan yang digunakan 6 ekor sapi perah dengan masa laktasi 2 dan 5. Parameter pengamatan meliputi konsumsi pakan dan produksi susu sapi masing masing laktasi. Data yang diperoleh diolah secara analisis korelasi menggunakan aplikasi software yaitu spss versi 16. Kemudian data tersebut disajikan dalam bentuk tabel dan dijelaskan secara deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan yang kuat antara masa laktasi dengan produksi susu sapi perah PFH di UPT PT dan HMT Kediri sebesar -0,84. Saran yang dapat diberikan ialah sebaiknya dalam proses pemilihan sapi perah, peternak hendaknya mempertimbangkan masa laktasi. Masa laktasi muda akan memiliki umur produktivitas lebih panjang dan tinggi dibandingkan dengan sapi perah yang memiliki masa laktasi tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIDN0003017805
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 212 - Sosial Ekonomi Perternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 215 - Pembangunan Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Zainol Qutsy
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:44
Last Modified: 22 Aug 2022 05:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15318

Actions (login required)

View Item View Item