Pemangkasan Tanaman Menghasilkan pada Budidaya Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.) Bulk di Kebun Kendenglembu PTPN XII Glenmore - Banyuwangi

Wulandari, Tri Asih (2022) Pemangkasan Tanaman Menghasilkan pada Budidaya Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.) Bulk di Kebun Kendenglembu PTPN XII Glenmore - Banyuwangi. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (303kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (331kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (320kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Praktik Kerja Lapang, mahasiswa diharapkan dapat mempelajari sekaligus melaksanakan budidaya tanaman kakao di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kendenglembu Glenmore, Banyuwangi. Kegiatan budidaya tanaman kakao meliputi pembibitan, pemeliharaan, panen, dan pengolahan pasca panen kakao. Judul yang dipilih dalam penulisan laporan PKL ini adalah kajian khusus pemangkasan tanaman kakao. Kakao (Theobroma cacao L.) merupakan salah satu komoditi tanaman perkebunan yang dapat berbuah sepanjang tahun dan berperan penting bagi perekonomian Indonesia, terutama dalam hal pendapatan petani dan sumber devisa negara. Keberhasilan dan peningkatan produksi tanaman kakao dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi produksi kakao yaitu pemeliharaan tanaman kakao, terutama pemangkasan. Pemangkasan adalah kegiatan penting pada budidaya tanaman kakao yang berpengaruh terhadap produksi buah. Pemangkasan pada tanaman kakao berupaya meningkatkan produksi dan mempertahankan umur ekonomi tanaman. Dengan dilakukannya pemangkasan akan mencegah serangan hama dan penyakit, membentuk tajuk, memelihara tanaman dan memacu produksi pada tanaman kakao. Hasil dari kegiatan PKL di Kebun Kendenglembu, Banyuwangi ini penulis mengetahui bahwa kegiatan budidaya tanaman kakao di Afdeling Besaran adalah pengendalian gulma, pemangkasan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit serta panen. Kegiatan pemangkasan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi produksi buah kakao namun pada saat pemangkasan pada saat memotong cabang atau ranting harus mempertimbangkan secara bijaksana agar tidak salah pangkas selain itu penulis juga memperoleh pengalaman dalam mengikuti kegiatan budidaya yang dilakukan di lapang dan juga dapat bersosialisasi langsung dengan pekerja dan pengelola kebun sehingga dapat mempelajari dan memahami etika dan budaya di perusahaan perkebunan PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kendenglembu - Glenmore, Banyuwangi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFisdiana, UskenNIDN0021106007
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > PKL
Depositing User: Tri Asih Wulandari
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:07
Last Modified: 22 Aug 2022 02:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15304

Actions (login required)

View Item View Item