Analisis Singkatan dan Simbol Terhadap Formulir Rekam Medis Rawat Inap Untuk Penilaian Akreditasi Periode Februari di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta Selatan

Syafitri, Livia Nuri (2022) Analisis Singkatan dan Simbol Terhadap Formulir Rekam Medis Rawat Inap Untuk Penilaian Akreditasi Periode Februari di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta Selatan. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
1. Livia Nuri Syafitri-Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (225kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
2. Livia Nuri Syafitri-Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (233kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Livia Nuri Syafitri- Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Livia Nuri Syafitri- Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)

Abstract

Pada tahun 2018 di Indonesia Mulai diberlakukan Standar Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 atau disingkat menjadi SNARS Edisi 1. Merupakan Standar Akreditasi baru yang berlaku secara Nasional. Edisi 1 karena baru pertama kali di Indonesia ditetapkan standar nasional untuk akreditasi rumah sakit. Terdapat 16 bab (Komisi Akreditasi Rumah Sakit,2017) Edisi 1 Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit. Penyelenggaraan Rekam Medis dalam SNARS Edisi 1 masuk dalam kelompok Standar Manajemen Rumah Sakit tentang Manajemen Informasi dan Rekam Medis (MIRM) Salah satu standar penilaian dalam MIRM yaitu adanya standarisasi kode diagnosis, kode prosedur/tindakan, simbol, singkatan, dan artinya yang terdapat dalam standar MIRM 12. Dimana pada elemen penilaian Rumah Sakit harus memiliki regulasi standardisasi kode diagnosis, kode prosedur/tindakan, definisi, simbol yang digunakan dan yang tidak boleh digunakan, singkatan yang digunakan dan yang tidak boleh digunakan, serta dimonitor pelaksanaannya. Rumah Sakit Pusat Pertamina merupakan Rumah Sakit rujukan dan terakreditasi B. Dimana Rumah Sakit ini menjadi Rumah Sakit Kepresidenan. Rekam Medis yang digunakan berupa Rekam Medis Elektronik dan Manual. Pada Formulir Rekam Medis Rawat inap terdapat singkatan dan simbol. Dalam penggunaan singkatan dan simbol sudah diadakan sosialisasi yang terdapat buku pedoman yang berjudul “Buku daftar singkatan RSPP” namun dalam pelaksanaannya belum dilakukan evaluasi. Dan juga masih belum ada SOP yang menyatakan adanya Singkatan,simbol,tindakan dan kode diagnosa. Pada periode bulan Februari pasien rawat inap sejumlah 463 pasien. Dan peneliti mengambil sampel data rekam medis sejumlah 132 rekam medis dari 30% jumlah pasien rawat inap menggunakan rumus slovin. Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi langsung dan dokumentasi.Hasil observasi dan studi dokumentasi bahwa singkatan yang tidak sesuai 45% formulir discharge summary, 59% Assesmen RI, 86% CPPT, dan 67% untuk simbol. Buku singkatan dan simbol milik Rumah Sakit Pusat Pertamina masih belum disahkan dan disosialisasikan secara sah. Dan belum adanya SOP yang sesuai dengan SNARS MIRM 12 untuk singkatan dan simbol pada Rumah Sakit Pusat Pertamina. Juga belum dilakukannya evaluasi dalam pelaksanaan penggunaan singkatan dan simbol serta buku yang digunakan masih belum ada beberapa simbol dang singkatan yang belum tercantum pada buku pedoman singkatan dan simbol di Rspp. Saran untuk penelitian ini adalah Merencanakan pelaksanaan evaluasi penggunaan singkatan dan simbol untuk seluruh petugas kesehatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina.Melakukan sosialisasi buku pedoman singkatan dan simbol kepada petugas kesehatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina.Membuat SOP sesuai dengan standart Akreditasi SNARS MIRM 12.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMudiono, Demiawan Rachmatta PutroNIDN0019129202
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 370 - Ilmu Keperawatan dan Kebidanan > 373 - Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Livia Nuri Syafitri
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:17
Last Modified: 26 Aug 2022 02:18
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15295

Actions (login required)

View Item View Item